KKG Gugus Ki Hajar Dewantoro Pracimantoro Kupas Video Pembelajaran

Gugus Ki Hajar Dewantoro Kecamatan Pracimantoro kembali mengadakan kegiatan rutin yaitu KKG bertepatan dengan Hari Jadi ke-281 Kabupaten Wonogiri. Semua peserta KKG menggunakan pakaian adat Jawa, karena sebelum KKG dimulai para peserta KKG melaksanakan apel dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Wonogiri di sekolah masing-masing.

Gugus Ki Hajar Dewantoro Korwil Kecamatan Biddik Pracimantoro melaksanakan Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) secara daring melalui platform Teams dengan materi Video Pembelajaran Pertemuan Ketiga Kamis, 19 Mei 2022 pukul 10.00 WIB – Selesai. Setiap guru masuk ke link webinar dengan cara login akun teams guru tersebut melalui HP atau Laptop di SD masing-masing, tetapi di beberapa SD terkadang terkendala sinyal karena faktor letak geografis SD tersebut yang berada di pelosok desa dan pegunungan sehingga ada beberapa peserta yang tidak bisa login menggunakan akun masing-masing dan mengikuti Vicon KKG secara gabungan di SD tersebut.

Acara dimulai oleh Wahyu Utami, guru di SDN 3 Gambirmanis yang bertugas sebagai Host. Kemudian acara dilanjutkan oleh Sadari Tri Gunadi, Guru di SDN 4 Suci yang bertugas sebagai Moderator dan sebagai narasumber Winarni, Guru dari SDN 3 Suci. Narasumber mengupas tuntas tentang membuat video pembelajaran secara offline menggunakan aplikasi Kinemaster serta langkah-langkah dalam pembuatan dan cara pengeditan video pembelajaran menggunakan Kinemaster. 66 guru se Gugus Ki Hajar Dewantoro Kecamatan Pracimantoro telah mengikuti vicon dengan antusias mengingat dimasa pandemi, media pembelajaran yang paling efektif adalah menggunakan video pembelajaran.

Setelah kurang lebih 2 jam narasumber selesai menyampaikan materi, sesi tanya jawab ada beberapa pertanyaan dari peserta KKG diantaranya bagaimana cara memotong video dengan aplikasi Kinemaster dan bagaimana mengatur durasi. Diakhir Vicon moderator membacakan kesimpulan dari apa yang telah disampaikan narasumber. Selanjutnya moderator menutup acara dengan memandu peserta KKG mengucapkan hamdalah bersama-sama.