Kelompok Kerja Guru Gugus Ki Hajar Dewantoro, Kecamatan Manyaran mengadakan kegiatan virtual meeting melalui Microsoft Teams pada Rabu 17 Februari 2021. Kegiatan dimulai pukul 10.00 WIB yang dihadiri oleh Guru Kelas se-Gugus Ki Hajar Dewantoro. Kali ini, kegiatan dipandu oleh host, Tenni Puji Lestari, guru SDN 4 Manyaran dan moderator, Erpin Agustina, guru SDN 2 Manyaran.
Masa pandemi Covid-19, tidak membuat semangat para guru meredup untuk memberikan pelayanan pendidikan kepada peserta didik. Hal itu dapat terlihat dari usaha guru memberikan pembelajaran melalui berbagai media, seperti Whatsapp, Google Meet, Zoom Meeting, Microsoft Teams, Quizziz, dan lain-lain. Sebelum melaksanakan pembelajaran, guru perlu membuat rencana pembelajaran yang pastinya sedikit berbeda, namun memiliki kualitas yang sama dengan KBM normal.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Daring dibuat menjadi lebih sederhana sesuai dengan Edaran Mendikbud No. 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Keksi Sri Rahayu, narasumber pada kegiatan KKG kali ini, menjelaskan bahwa penyusunan RPP dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Kemudian, komponen inti yang tertulis di dalam RPP adalah tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assesment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan komponen yang lainnya sebagai pelengkap.
Selain itu, pendidikan Abad-21 tidak hanya berpusat pada kemampuan kognitif saja, tetapi juga mencakup keterampilan personal dan sosial. Keterampilan tersebut dikenal dengan istilah 4C Pembelajaran Abad 21 meliputi critical thinking (keterampilan berpikir kritis), creativity (keterampilan berpikir kreatif), collaboration (keterampilan bekerja sama), dan communication (keterampilan berkomunikasi). Keterampilan 4C Pembelajaran Abad 21 sebaiknya ditanamkan kepada peserta didik mulai sejak dini agar nantinya peserta didik dapat memiliki kemampuan kognitif dan keterampilan yang baik. Narasumberpun mengingatkan untuk selalu membangun karakter peserta didik dengan menyapanya melalui aplikasi yang digunakan untuk pembelajaran. Bisa juga, peserta didik mengisi “Jurnal Praktik Nilai Karakter” selama kegiatan di rumah dengan pendampingan orang tua. Penyusunan RPP Daring dapat dilaksanakan dengan baik melalui kerja sama guru, peserta didik, dan orang tua.