KKG Gugus Ki Hajar Dewantoro Gelar Virtual E-Rapor Sesi  ke-3

KKG Gugus Ki Hajar Dewantoro, Kecamatan Manyaran, menyelenggarakan KKG Virtual kembali bertajuk e-rapor Sesi 3 pada Rabu, 31 Maret 2021. Kegiatan  ini adalah penyelesaian materi paket dua dari lima paket kegiatan KKG. Kegiatan KKG kali ini masih dilakukan secara virtual melalui microsoft teams yang dipandu oleh host, Prajana Marwan Sejati dengan bacaan basmalah dan moderator, Dwiningsih Mustikawati. Narasumber dari sesi ini adalah  Meirawati Devi Istiarti.

Narasumber menyampaikan materi terkait dengan Manajemen Penilaian yang dilakukan oleh Guru Mapel. Walaupun ini bukan kewajiban dari guru kelas, namun alangkah baiknya untuk mengetahui keseluruhan dari bagian-bagian e-rapor. Wewenang dan tugas guru mapel di dalam e-rapor diantaranya mengubah password sendiri (namun tidak dianjurkan mengubah password agar lebih mudah mengingatnya), mapping KD dan membuat ringkasan Deskripsi KD, menyusun rencana penilaian, menginput nilai, menginput deskripsi nilai, dan mengirim nilai akhir ke guru kelas yang dituju. Pada dasarnya, tugas guru kelas dan guru mapel di dalam erapor itu hampir sama. Narasumber mengingatkan bahwa perencanaan penilaian hanya dapat dilakukan satu kali sehingga guru kelas maupun guru mapel diminta untuk memastikan perencanaan peniaian dapat dilaksanakan. Edit perencanaan penilaian dapat menghilangkan record nilai yang sudah diinput. Dan jika ingin mengedit perencanaan, silakan backup nilai terlebih dahulu, melalui menu download format import agar tidak kehilangan nilai yang sudah diinput sebelumnya.

Kegiatan KKG kali ini dilengkapi dengan refleksi secara interaktif dari narasumber kepada peserta KKG terkait dengan progress pengerjaan e-rapor dari masing-masing sekolah. Beberapa sekolah menyampaikan bahwa proses pengerjaan sampai pada mapping KD dan membuat ringkasan Deskripsi KD. Menurut narasumber, progres pengerjaan masih 20% dari target sehingga penugasan kelompok peserta KKG terkait dengan penyelesaian pemetaan KD, peringkasan deskripsi KD, dan perencanaan penilaian maksimal sampai tanggal 10 April 2021, harus sudah selesai. Agar nanti segera dapat digunakan untuk menginput nilai semester 2 di tahun ini. Kegiatan ditutup dengan bacaan hamdalah.