KKG Gugus KH. Achmad Dahlan Selenggarakan Sosialisasi Karya Tulis Ilmiah

Pengurus KKG Gugus KH. Achmad Dahlan sukses menyelenggarakan sosialisasi karya tulis ilmiah. Kegiatan sosialisasi karya tulis ilmiah ini diikuti oleh guru di seluruh Gugus KH. Achmad Dahlan secara virtual menggunakan Microsoft Teams pada Rabu 23 Maret 2022.

Kegiatan ini menggiatkan kembali program kerja KKG. Masa pandemi Covid-19 menuntut kegiatan rutin dan pengembangan yang diprogramkan oleh guru dan tenaga kependidikan dilaksanakan secara virtual. Kegiatan yang diselenggarakan tersebut dilaporkan dalam bentuk reportase dan diposting di website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Pengurus KKG Gugus KH. Achmad Dahlan memandang perlu membekali materi khusus tentang karya tulis ilmiah

Kegiatan ini direncanakan dimulai pukul 11.00 – 14.00, terealisasi dimulai pukul 11.00 – 14.00. Acara diawali pembukaan oleh Host Budi Prasetyo dengan bacaan basmalah, kemudian dipandu oleh moderator Imam Sudarmadi tentang pentingnya kegiatan KKG dan dilanjutkan oleh nara sumber Sri Gunanti. Pada sesi berikutnya, Sri Gunanti sebagai narasumber kegiatan kedua memberikan materi berupa karya tulis ilmiah. Dalam pemaparannya Sri Gunanti mengawali dengan mengingatkan kepada seluruh guru yang mengikuti kegiatan KKG ini, untuk selalu bersemangat belajar dan belajar demi kemajuan pendidikan dan perkembangan peserta didik kita bersama. Setiap sekolah yang mempunyai fasilitas yang memadai diharapkan untuk membuat karya tulis ilmiah. Beberapa poin penting materi karya tulis ilmiah yang di jelaskan, antara lain : definisi Best Practice adalah tulisan pengalaman terbaik yang dibuat guru/ kepala sekolah berisi laporan uraian pengalaman nyata dalam memecahkan berbagai masalah dalam melaksanakan tugas dan pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan dikelas. Best Practice merupakan bagian dari PKB berupa publikasi jenis tinjauan  ilmiah.apabila karya tersebut memenuhi persyaratan maka guru/ kepala sekolah dapat memperoleh angka kredit unsur PKB, Judul Best Pratice harus semenarik mungkin singkat padat dan jelas, Contoh judul pembuatan judul best practice”Microsoft team betul RPP GURUKU MANTUL, Kerangka best practice antara lain bagian awal, bagian isi, bab 1, bab II,bab III dan bab IV kesimpulan, Bab I pendahuluan dengan urutan menuliskan mengapa bapak/ibu mempermasalahkan hal tersebut,menuliskan data bukti atau laporan yang dapat dipakai untuk memperkuat alasan tersebut,melihat kondisi apa yang dilakukan bapak/ibu pengawas, Bab II yaitu kajian teori yang mempunyai tujuan untuk memberikan argumentasi bahwa tindakan strategi yang akan dilakukan memang telah teruji  berdasarkan teori maupun hasil.serta berkemampuan untuk meningkatakan sesuatu yang menjadi masalah kedalam best practice, Contoh penulisan Bab III pemecahan masalah dan hasil yaitu pemecahan masalah (jelaskan seperti langkah langkah dalam sistematika sudah harus nyata apa yang dilakukan bukan langkah berupa teori, Hasil dan pembahasan (gambaran umum lokasi atau profil sekolah dan profil subyek best practice.

Setelah pemaparan selesai sesi berikutnya adalah sesi tanya-jawab yang dipimpin oleh moderator Imam Sudarmadi yang pada ujung sesi ini diakhiri dengan kesimpulan sesi tanya jawab serta kesimpulan akhir kegiatan KKG pada hari ini. Kemudian KKG ditutup oleh host Budi Prasetyo ketika waktu telah menunjukan puku 14.00 WIB.