KKG Gugus KH. Achmad Dahlan Pracimantoro Semangat Tuntaskan PMM

KKG Gugus KH. Achmad Dahlan Kecamatan Pracimantoro menggelar pertemuan ke-3 dengan narasumber Fita Rahmawati pada Kamis (16/2/2023). Materi yang disajikan adalah percepatan Platform Merdeka Mengajar (PMM). Kegiatan ini diikuti oleh guru di seluruh Gugus KH. Achmad Dahlan secara luring di SD Negeri 1 Pracimantoro.

Kegiatan ini diikuti oleh guru kelas baik di dari SD negeri maupun SD swasta.  Kegiatan yang diselenggarakan tersebut dilaporkan dalam bentuk reportase dan diposting di website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Pengurus KKG Gugus KH. Achmad Dahlan memandang perlu membekali materi khusus tentang Platform Merdeka Mengajar (PMM) karena setiap guru kelas setiap sekolah wajib melaksanakannya dan membuat Aksi Nyata setelah menyelesaikan topik . Pada pertemuan ke 3 ini para guru belajar membuat desain melalui aplikasi Canva yang mana aplikasi tersebut bisa digunakan secara gratis jika kita login menggunakan akun belajar.id.

Kegiatan dimulai pukul 10.00 – 12.00 WIB, diawali dengan mengucap basmalah, kemudian Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Pracimantoro menekankan agar para guru berpartisipasi aktif dalam proses kegiatan KKG. Narasumber KKG, Fita Rahmawati memberikan materi berupa penyelesaian topik dan proses pembuatan Aksi Nyata. Dalam paparannya mengingatkan kepada seluruh guru yang mengikuti kegiatan KKG untuk selalu bersemangat belajar dan belajar demi kemajuan pendidikan dan perkembangan peserta didik. Pembuatan Aksi Nyata hendaknya bisa dimaksimalkan dan tidak menghalangi guru maupun peserta didik untuk berinteraksi dan belajar bersama dalam pembuatan Aksi Nyata. Hal paling penting para guru memiliki akun belajar id untuk login ke dalam aplikasi Canva. Semua guru harus menyelesaikan Aksi Nyata dari Topik 1 sampai Topik 4.

Beberapa poin penting materi PMM yang di jelaskan antara lain, guru terlebih dahalu harus menyelesaikan setiap post tes yang terdapat disetiap topik bahasan,karena jika tidak menyelesaikan post tes dari masing masing topik, guru tersebut tidak dapat membuat Aksi Nyata, setelah membuat Aksi Nyata guru tersebut akan mendapatkan sertifikat yang bisa diunduh langsung di dalam PMM. Setelah pemaparan selesai, berikutnya adalah sesi tanya jawab, diakhiri dengan kesimpulan kegiatan KKG dan ditutup pukul 12.00 WIB.