KKG Gugus K.H Ahmad Dahlan Selenggarakan Pertemuan ke-2 Sosialisasi E-Rapor
Kegiatan ini menggiatkan kembali program kerja KKG di masa pandemi Covid-19 yang menuntut kegiatan rutin diprogramkan oleh guru dan tenaga kependidikan dilaksanakan secara virtual. Kegiatan yang diselenggarakan tersebut dilaporkan dalam bentuk reportase dan diposting di website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Pengurus KKG Gugus K.H Ahmad Dahlan memandang perlu membekali materi khusus tentang bagaimana pelaksanaan E-Rapor karena di semester ini sudah digunakan.
Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 WIB diawali sambutan oleh host Ari Handayani dengan bacaan Basmalah. Acara dipandu oleh moderator Tri Istanto, beliau menekankan tentang pentingnya E-Rapor. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber Muchamad Mustofa Kumbara tentang pentingnya mengoperasikan E-Rapor. Sebelum mengerjakan E-Rapor, laptop guru harus tersambung dengan laptop operator sekolah masing-masing yang didalamnya memuat aplikasi Dapodik.
Hal pertama yang harus disiapkan guru dalam mengerjakan E-Rapor yaitu pemetaan KI dan KD yang sesuai dengan Permendikbud Nomor 32 Tahun 2018. Kemudian guru mencocokkan KD yang ada di aplikasi E-Rapor dengan pemetaan KI dan KD milik guru. Jika tidak sesuai maka harus mengisi KI dan KD secara manual di aplikasi E-Rapor. Pada pelaksanaan penilaian, guru harus mempersiapkan Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS). Untuk pelaksanaan penilaian harian dibuat sesuai dengan rencana penilaian. Hal ini dilakukan agar guru mudah dalam mengisi di aplikasi E-Rapor.
Penilaian sikap dan keterampilan di masa pandemi Covid-19 juga harus dipersiapkan. Banyak metode secara daring untuk mengukur nilai sikap dan keterampilan siswa, karena nilai sikap dan keterampilan juga dimasukkan di aplikasi E-Rapor.
Setelah pemaparan selesai, sesi berikutnya adalah tanya jawab yang dipandu oleh moderator Yekti Gunarsi. Acara diakhiri dengan kesimpulan kegiatan KKG dan ditutup pukul 12.00 WIB.