KKG Gugus K.H Ahmad Dahlan Menyelenggarakan Sosialisasi Pembuatan Video Pembelajaran dengan Youtube

Pengurus KKG Gugus K.H Ahmad Dahlan sukses menyelenggarakan sosialisasi Video Pembelajaran dengan youtube pertemuan ke-3. Kegiatan sosialisasi Pembuatan Video Pembelajaran dengan youtube ini diikuti oleh Guru di seluruh Gugus K. H. Ahmad Dahlan secara virtual menggunakan Microsoft Teams Kamis, 25 Maret 2021. 

Kegiatan ini menggiatkan kembali program kerja KKG. Masa pandemi Covid-19 menuntut kegiatan rutin dan pengembangan yang diprogramkan oleh guru dan tenaga kependidikan dilaksanakan secara virtual. Kegiatan yang diselenggarakan tersebut dilaporkan dalam bentuk reportase dan diposting di website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Pengurus KKG Gugus K.H Ahmad Dahlan memandang perlu membekali materi khusus tentang bagaimana pelaksanaan Pembuatan Video Pembelajaran dengan youtube, agar pembelajaran secara daring ini akan lebih menarik bagi siswa. 

Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 – 12.00 diawali dengan sambutan oleh Host Rohmini, dengan bacaan basmalah. 

Kemudian acara dipandu oleh moderator Ika Setiawati, yang menekankan tentang pentingnya inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran, kemudian mengingatkan peserta untuk absen.   

Kegiatan ini dengan Narasumber Winarni memberikan pengarahan tentang pentingnya inovasi dalam melaksanakan pembelajaran. Pembelajaran dilakukan dengan bermakna jika dalam pembelajaran siswa merasa senang. Agar siswa merasa senang perlu untuk dibuat media pembelajaran yang menarik. 

Di dalam pembuatan video pembelajaran ada dua hal yang perlu dipersiapkan. Yang pertama adalah hardware, di dalam komponen hardware terdapat kamera, microphone, lighting, tripod dan alat editing. Untuk piranti software berupa aplikasi berupa filmora, kine master, video editor, camtasia, adobe premiere sony vegas, renderfores. 

Secara garis besar langkah pembuatan video pembelajaran antara lain : pembuatan skenario, persiapan konten, shooting recording, editing. Skenario adalah rencana atau rancangan yang berisi adegan, percakapan, lokasi, dam segala sesuatu yang akan dibuata menjadi suatu video yang utuh. Tujuan pembuatan skenario adalah untuk mempermudah proses pengumpulan konten, shooting, persiapan alat dan bahan, mempermudah pengelompokkan jenis file, mengecek kekurangan. 

Sesi berikutnya adalah  tanya-jawab  dipimpin  moderator Ika Setiawati, pada ujung sesi ini diakhiri dengan kesimpulan akhir kegiatan KKG  hari ini. KKG ditutup oleh Rohmini selaku host dengan bacaan hamdalah.