KKG Gugus K.H. Ahmad Dahlan Adakan Sosialisasi PJJ

Pengurus Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus K.H. Ahmad Dahlan Kecamatan Pracimantoro sukses menyelenggarakan sosialisasi PJJ. Kegiatan sosialisasi PJJ ini diikuti oleh Guru di seluruh Gugus K. H. Ahmad Dahlan secara virtual menggunakan Microsoft Teams pada Kamis, 4 Maret 2021.

Kegiatan ini menggiatkan kembali program kerja KKG. Masa pandemi Covid-19 menuntut kegiatan rutin dan pengembangan yang diprogramkan oleh guru dan tenaga kependidikan dilaksanakan secara virtual. Kegiatan yang diselenggarakan tersebut dilaporkan dalam bentuk reportase dan diposting di website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Pengurus KKG Gugus K.H. Ahmad Dahlan memandang perlu membekali materi khusus tentang bagaimana pelaksanaan PJJ karena tahun ini jenjang SD masih melaksanakan PJJ.

Kegiatan ini direncanakan dimulai pukul 09.00 – 12.00 dan terealisasi dimulai pukul 09.00 – 12.00. Acara diawali dengan pembukaan oleh host Ari Handayani, S.Pd.  dengan bacaan basmalah.

Kemudian acara dipandu oleh moderator Yekti Gunarsi, S.E., S.Pd. Beliau menyapa para peserta kegiatan dan membacakan susunan acara Sosialisasi PJJ. Setelah itu moderator mempersilakan narasumber Sri Gunanti, S.Pd., M.Pd. untuk menyampaikan materi.

Pada pemaparan materi, narasumber menekankan bahwa pada masa pandemi pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan PJJ. PJJ bukan pemberian tugas jarak jauh tetapi merupakan pembelajaran jarak jauh. PJJ yang dilaksanakan tidak boleh memberatkan siswa. Perlu ditekankan kepada wali siswa tentang pentingnya pendampingan kepada siswa dalam pelaksanaan PJJ agar siswa terkontrol di dalam aktifitas atau kegiatan siswa dalam PJJ. Tugas yang diberikan harus dikoreksi oleh guru dan diberikan umpan balik.

Administrasi kelas dalam masa PJJ juga harus dibuat dengan tertib oleh guru. RPP, Prota, Promes dan lain-lain harus di buat oleh guru. PJJ merupakan keadaan darurat yang harus kita hadapi dan PJJ sebisa mungkin dibuat menyenangkan dan diharapkan siswa mengerjakan sendiri. Guru harus memiliki kemampuan untuk mengelola kegiatan pembelajaran dengan variatif sehingga siswa tidak bosan dalam pelaksanaan PJJ.

PJJ dilaksanakan dengan daring dan luring. Untuk pelaksanaan daring materi dan tugas diberikan melalui medsos ataupun aplikasi di HP. Untuk kegiatan luring bila diadakan tetap mematuhi protokol kesehatan, dibuat dalam satu kelompok terdiri dari dua atau tiga siswa. Guru yang harus mendatangi lokasi pembelajaran luring.

Setelah pemaparan materi selesai, sesi berikutnya adalah sesi tanya jawab yang dipimpin oleh moderator Yekti Gunarsi,  yang pada akhir sesi ini diakhiri dengan kesimpulan sesi tanya jawab serta kesimpulan akhir kegiatan KKG pada hari ini. Kemudian KKG ditutup ketika waktu telah menunjukan pukul 12.00 WIB.