KKG Gugus K.H Achmad Dahlan Menyelenggarakan Sosialisasi Pembuatan Video Pembelajaran dengan YouTube
Kegiatan ini menggiatkan kembali program kerja KKG. Masa pandemi Covid-19 menuntut kegiatan rutin dan pengembangan yang diprogramkan oleh guru dan tenaga kependidikan dilaksanakan secara virtual. Kegiatan yang diselenggarakan tersebut dilaporkan dalam bentuk reportase dan diposting di website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Pengurus KKG Gugus K.H Ahmad Dahlan memandang perlu membekali materi khusus tentang bagaimana pelaksanaan pembuatan video pembelajaran dengan YouTube, agar pembelajaran secara daring ini akan lebih menarik bagi siswa.
Kegiatan dimulai pukul 09.00 – 12.00. Acara diawali dengan pembukaan oleh Host Rohmini, dengan bacaan basmalah
Kemudian acara dipandu oleh moderator Ika Setiawati, beliau menekankan tentang pentingnya inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran. Sebelum kegiatan di mulai Ika Setiawati mengabsen setiap guru, setelah itu waktu sepenuhnya diserahkan kepada  Winarni selaku narasumber
Winarni, memberikan pengarahan tentang pentingnya inovasi dalam melaksanakan pembelajaran. Pembelajaran dilakukan dengan bermakna jika dalam pembelajaran siswa merasa senang. Agar siswa merasa senang perlu untuk dibuat media pembelajaran yang menarik.
Dipertemuan yang lalu  sudah dijelaskan pembuatan media pembelajaran dalam bentuk video menggunakan aplikasi renderforest. Pada pertemuan yang ke tiga ini Winarni akan menjelaskan pembuatan media pembelajaran dalam bentuk video menggunakan aplikasi kinemaster.
Hal awal yang perlu dipersiapkan adalah konsep dan bahan. Ada banyak yang harus diperhitungkan dalam membuat video, misalnya narasi yang sesuai dengan materi yang akan guru ajarkan kepada siswa. Setelah menginstal aplikasi kinemaster langkah selanjutnya adalah membuat project dan aspek rasio. Ada  tiga pilihan aspek rasioyakni 16:9, 9:16, dan 1:1, silahkan guru untuk memilih sesuai kebutuhan. Langkah selanjutnya adalah memasukkan video, gambar atau musik. Setelah menambah video atau gambar guru juga bisa menambahkan teks atau musik. Jika guru sudah selesai melakukan pengeditan sesuai yang dikehendaki, kemudian diakhiri dengan mengekspor dan membagi video tersebut ke platform seperti YouTube ataupun WhatsApp, Facebook, dan sebagainya.
Setelah pemaparan selesasi sesi berikutnya adalah sesi tanya-jawab yang dipandu oleh moderator Ika Setiawati, pada ujung sesi ini diakhiri dengan pembacaan kesimpulan sesi tanya jawab dan kesimpulan akhir kegiatan KKG pada hari ini. KKG ditutup oleh Rohmini, ketika waktu telah menunjukan pukul 12.00 WIB.