KKG Gugus Jenderal Sudirman Wuryantoro Pelajari Pemanfaatan Android untuk Pembuatan Video Pembelajaran

Mengawali kegiatan di bulan Februari tahun 2021 ini, Gugus Jenderal Sudirman Kecamatan Wuryantoro kembali melaksanakan pertemuan rutin Kelompok Kerja Guru. Kegiatan KKG ini, semula direncanakan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Februari 2021. Namun, dikarenakan adanya imbauan dari Gubernur Provinsi Jawa Tengah tentang “Gerakan Jateng di Rumah Saja” membuat kegiatan tersebut akhirnya mengalami penundaan. Kegiatan tersebut dapat terlaksana pada hari Senin, 8 Februari 2021, pukul 08.00 WIB.

Kegiatan KKG tersebut dapat diikuti secara virtual oleh anggota KKG dengan beberapa di antaranya tidak dapat bergabung secara maksimal dikarenakan terkendala sinyal. Adapun yang menjadi Narasumber kegiatan yaitu Juliana Ambarisma, S.Pd. (Guru SDN 1 Gumiwang Lor), dipandu oleh Moderator : Hatmani Eka Primawati, S.Pd.SD. (Guru SDN 3 Gumiwang Lor), dan Host : Tito Hardika Pamungkas, S.Pd.SD. (Guru SDN 2 Gumiwang Lor).

Setelah sebelumnya sukses melaksanakan kegiatan KKG perdana dengan materi “Pembelajaran Jarak Jauh”, pertemuan KKG Gugus Jenderal Sudirman kali ini mengulas tentang materi “Pemanfaatan Android untuk Pembuatan Video Pembelajaran Inovatif”.

Pandemi Covid 19 memang membuat sistem kegiatan belajar mengajar mengalami banyak perubahan dikarenakan guru dan siswa dibatasi untuk bertatap muka secara langsung. Dengan kondisi tersebut guru perlu melakukan berbagai inovasi agar kegiatan pembelajaran dapat tetap berlangsung dengan baik. Pemanfaatan android untuk membuat video pembelajaran inovatif dapat menjadi salah satu solusi dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh.

Mengapa harus video? Karena video dapat mengatasi keterbatasan waktu, ruang dan instruktur, informasi yang disampaikan mudah diterima, menyajikan audio dan visual yang berisi pesan-pesan pembelajaran, dan dapat menyajikan pembelajaran tampak dengar (audio visual karena kedua unsur tersebut dapat disajikan serentak).

Dengan memanfaatkan perangkat android, pembuatan video pembelajaran menjadi lebih mudah. Banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat video yang inovatif. Materi kali ini mengulas tentang aplikasi Kine Master. Aplikasi tersebut dapat kita peroleh dengan men-download dari aplikasi play store yang terdapat pada perangkat android. Langkah-langkah pembuatan video dengan Kine Master juga cukup mudah. Kita tinggal mengikuti petunjuk yang sudah ada di dalam layar aplikasi tersebut.

Penggunaan video pembelajaran dapat membuat pembelajaran jarak jauh menjadi lebih menarik dan bermakna. Dengan materi KKG yang mengulas pemanfaatan android untuk pembuatan video pembelajaran inovatif, diharapkan para guru terutama di wilayah Gugus Jenderal Sudirman, Kecamatan Wuryantoro dapat membuat video pembelajaran  yang inovatif untuk menunjang proses pembelajaran.