KKG Gugus Jenderal Sudirman Wuryantoro Kupas E-Rapor Sesi 3

Kegiatan Sosialisasi Penggunaan e-rapor  sesi 3 dilaksanakan kembali oleh KKG Gugus Jenderal Sudirman Kecamatan Wuryantoro. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti yang dianjurkan oleh pemerintah. Kegiatan dilaksanakan di Aula SDN 1 Wuryantoro pada hari Rabu tanggal 17 Maret 2021, dengan peserta dari 2 Sekolah Dasar anggota KKG Gugus Jenderal Sudirman yaitu SDN 3 Gumiwang Lor dan SDN 4 Gumiwang Lor yang terdiri dari Operator Sekolah, Guru Kelas I – VI, Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama, dan Guru Penjasorkes.

Sosialisasi ini Tim KKG Gugus Jenderal Sudirman bekerja sama dengan Tim e-rapor  Wuryantoro untuk menyampaikan hal-hal terkait penggunaan e-rapor. Adapun Tim e-rapor  Wuryantoro yang dihadirkan adalah Juliana Ambarisma sebagai narasumber guru dan Agus Susanto sebagai narasumber operator. Dalam kegiatan ini semua peserta diwajibkan membawa laptop agar peserta dapat mengaplikasikan e-rapor   di laptop masing-masing.

Agus Susanto sebagai narasumber operator sekolah menyampaikan terkait kewenangan Admin dalam e-rapor  yaitu instalasi aplikasi, persiapan data, dan manajemen data sudah diadakan sosialisasi kepada semua Operator Sekolah di Kecamatan Wuryantoro. Sehingga dalam kegiatan ini Operator Sekolah dari 2 Sekolah Dasar yang hadir sudah siap dalam pengaplikasian e-rapor  untuk sekolah masing-masing bersama Guru dan Wali kelasnya.

Narasumber materi e-rapor Juliana Ambarisma membahas mengenai prosedur perencanaan  penilaian, pengisian nilai, prosedur laporan nilai dari guru ke wali kelas dan terakhir mengisi rapor online. Nampak para guru sangat antusias mengikuti kegiatan ini  mulai dari guru muda hingga guru senior dari SDN 3 Gumiwang Lor dan SDN 4 Gumiwang Lor.

Juliana Ambarisma menyampaikan kewenangan-kewenangan dari Guru dan Wali kelas yang dapat dilakukan dalam e-rapor. Wewenang dan tugas Guru dalam hubungannya dengan e-rapor  yaitu mengubah password sendiri; mapping KD dan membuat ringkasan deskripsi Kompetensi Dasar; menyusun rencana penilaian pengetahuan, keterampilan, sikap spiritual, dan sikap sosial; menginput nilai pengetahuan, ketrampilan, sikap spiritual, dan sikap sosial; menginput deskripsi nilai; mengirim nilai akhir. Narasumber juga menyebutkan kewenangan yang dapat dilakukan oleh Wali kelas dalam hubungannya dengan e-rapor  yaitu mengubah password sendiri; edit data siswa (khususnya data yang tidak tersedia di dapodik); input kehadiran, nilai ekstra, prestasi siswa, input kesehatan, catatan wali dan proses deskripsi sikap siswa; cetak rapor. Semua dijelaskan secara lengkap dan jelas dalam kegiatan ini.

Sistem online ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah Guru dan Wali kelas dalam melaksanakan penilaian terhadap siswa. E-rapor  ini diharapkan bisa terlaksana pada tahun ajaran 2020/2021 sekarang ini walaupun memang masih ada kendala terkait kekuatan sinyal yang dapat memperlambat pengoperasian e-rapor  ini.