KKG Gugus Jenderal Sudirman Wuryantoro  Kupas e-Rapor Sesi 1

Kegiatan diseminasi pelatihan aplikasi e-Rapor yang sebelumnya dilakukan pada tanggal 15 Februari 2021 ditindaklanjuti oleh KKG Gugus Jenderal Sudirman. Kegiatan tersebut dimasukkan ke dalam kegiatan KKG rutin yang diadakan selama 3 hari yaitu Senin sampai dengan Rabu tanggal 15-17 Maret 2021. Kegiatan ini dilakukan secara luring dengan memperhatikan protokol kesehatan di aula SDN 1 Wuryantoro dengan pemateri Juliana Ambarisma dan Agus Susanto. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 1 operator  dan guru kelas 1 sampai kelas 6 serta guru PJOK dan Agama. Pada hari pertama Senin 15 Maret 2021 sekolah yang menghadiri kegiatan tersebut adalah SDN 1 Wuryantoro, SDN 4 Wuryantoro, dan SDN 1 Mlopoharjo.

Kegiatan dibuka oleh Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Wuryantoro, Mulyanto, beliau menyampaikan dengan adanya kegiatan ini diharapkan guru dapat meningkatkan profesionalitas di era digitalisasi yang semakin hari semakin berkembang pesat. Kegiatan inti hari ini dipandu oleh Juliana Ambarisma dengan memberikan panduan dalam penggunaan e-Rapor baik bagi operator sekolah maupun pada guru, pembimbingan dilakukan secara efektif dan efisien agar semua dapat mengikuti dengan baik. Dalam kegiatan ini penggunaan laptop sangatlah penting, maka dari itu setiap operator dan guru diwajibkan membawa laptop.

Pengisian e-Rapor dibagi dalam beberapa sesi yaitu untuk guru, admin dan wali kelas. Pada sesi guru di mulai dari pengisian KD, perencanaan penilaian, pengisian nilai, upload nilai, dan lain sebagainya hingga nilai akhir pada raport siap. Pada sesi ini pengisian e-Rapor dilakukan per mata pelajaran dan sebagai contohnya pada kelas 3 mata pelajaran PKn.  Kegiatan sesi berikutnya adalah untuk wali kelas, dimana pada sesi ini yang mengisi e-Rapor adalah guru kelas masing-masing. Kegiatan pengisian tersebut berupa data siswa, data presensi, rekap kehadiran, catatan wali kelas, dan sebagainya sampai dengan cetak leger dan raport. Selain itu juga diajarkan untuk mengisi e-Rapor secara offline yang disampaikan oleh Agus Susanto. Pengisian e-Rapor secara offline ini bertujuan untuk memudahkan guru apabila terkendala sinyal. Pengisian secara offline dimulai dengan menginstal aplikasi e-Rapor terlebih dahulu lalu alur pengisian tetap sama dengan yang disampaikan oleh Juliana Ambarisma.

Adanya kendala sinyal mengakibatkan kecepatan akses internet dalam pengisian e-Rapor tersebut menjadi terganggu. Sehingga agar penjelasan dan praktek dapat terus berjalan maka salah satu laptop peserta dihubungkan dengaan LCD sehingga peserta yang lain dapat menyimak dan mencatat alur pengisian e-Rapor tersebut. Dengan berakhirnya kegiatan hari pertama ini diharapkan operator dan guru yang sudah menerima materi dan melakukan praktek dapat menindak lanjuti e-Rapor di sekolah masing-masing.