KKG Gugus Jenderal Sudirman Wuryantoro Gelar Canva sebagai Media Pembelajaran

Gugus Jenderal Sudirman, Kecamatan Wuryantoro esehat melaksanakan  agenda rutin kegiatan Kelompok Kerja Guru Sabtu, 26 Maret 2022 bertempat di aula SDN 1 Wuryantoro, Kecamatan Wuryantoro kegiatan tersebut dihadiri  anggota KKG Gugus Jenderal Sudirman, Kecamatan Wuryantoro yang berjumlah sekitar 50 anggota. Kegiatan dimulai pukul 10.00 WIB dan dilaksanakan secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Kegiatan Kelompok Kerja Guru kali ini mengulas materi “Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran” dengan narasumber  Mey Tyas Andri Pamungkas. Beliau merupakan guru TIK di SMK Pancasila 10, Wuryantoro. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan teknis penggunaan aplikasi Canva yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.  

Perubahan dan perkembangan teknologi telah membawa dunia pendidikan terlibat dalam pemanfaatan teknologi tersebut. Di era digital saat ini tidak akan pernah terlepas dari bagaimana upaya dan usaha untuk meningkatkan performa pelayanan pendidikan dengan pemanfaatan teknologi dan aplikasi. Untuk menunjang kegiatan sekolah, terutama dalam ranah multimedia dan design sangat dibutuhkan aplikasi pendukung yang bagus, aplikasi yang relevan, mudah digunakan serta harga yang terjangkau. 

Salah satu aplikasi yang sangat popular di era disrupsi saat ini yang dapat digunakan untuk menunjang operasional sekolah dan kegiatan pendidikan yang lain adalah Canva. Canva merupakan aplikasi berbasis online dengan menyediakan design berupa template, dan fitu-fitur yang menarik. Aplikasi Canva ini sangat mumpuni bagi siapa saja yang ingin mengembangkan fitur/layout secara visual, sehingga membuat efektifitas kegiatan dalam pembelajaran jauh lebih baik. 

Penggunaan aplikasi Canva cukup mudah penggunaannya, salah satu kelebihan tools canva ini ialah anda hanya perlu melakukan drag and drop gambar maupun animasi yang telah tersedia tanpa harus mendesain ulang dari awal gambarnya. Lembar aera kerja yang terdapat dalam tools canva dapat memudahkan anda mengedit gambar tanpa harus menginstall aplikasi seperti photoshop atau corel draw. 

Dengan materi Canva yang telah di bahas dalam Kegiatan Kelompok Kerja Guru di Gugus Jenderal Sudirman, Kecamatan Wuryantoro. Diharapkan para guru di Gugus Jenderal Sudirman dapat menambah wawasan mengenai penggunaan teknologi dan informasi masa kini dan lebih variatif dalam menerapkan teknologi pembelajaran.