KKG Gugus Diponegoro dan Ronggowarsito Batuwarno Gelar Vicon Media Pembelajaran

KKG Gugus Diponegoro dan Ronggowarsito Kecamatan Batuwarno menyelenggarakan  virtual conference dengan materi “Media Pembelajaran” (Jumat, 10/9/2021). Di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), tidak menyurutkan semangat para pendidik di Kecamatan Batuwarno untuk melaksanakan kegiatan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.  

Kegiatan virtual conference dimulai pukul 08.00 s.d 10.00 WIB dengan host sekaligus moderator, Inne Rusdiyanti dari SD Negeri 2 Tegiri. Narasumber pada kegiatan ini adalah Heri Hartanto, Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Batuwarno. Acara diawali dengan menyapa para peserta yang sudah bergabung oleh host sekaligus moderator. Lagu Indonesia Raya dinyanyikan bersama untuk memupuk rasa nasionalisme. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Forum KKG Kecamatan Batuwarno, Wirid Supriyanto. Beliau berterima kasih kepada seluruh peserta yang selalu antusias mengikuti KKG virtual, walaupun terkadang sinyal menjadi kendala utama. Sambutan selanjutnya dari Ketua KKKS Kecamatan Batuwarno, Subagyo. Beliau mengucapkan terima kasih dan memberi semangat kepada para guru untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di Kecamatan Batuwarno. Subagyo juga memberikan semangat kepada para guru yang akan mengikuti tes P3K agar selalu belajar dan berdoa untuk hasil yang diinginkan, yaitu lolos menjadi P3K. Acara selanjutnya yaitu penyampaian materi oleh narasumber Heri Hartanto. 

Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Batuwarno sekaligus narasumber mengawali materi dengan menyampaikan tentang AKM terlebih dahulu, bahwa sekolah diperbolehkan melaksanakan simulasi atau latihan namun tetap mematuhi protokol kesehatan. Agenda minggu depan ada vaksinasi lanjutan bagi pendidik dan tenaga kependidikan di Kecamatan Batuwarno yang bulan lalu belum mendapatkan vaksinasi. Para guru yang imunnya di bawah 80% tidak diperbolehkan mengajar tatap muka apabila nanti sudah dilaksanakan PTM. Penilaian Tengah Semester (PTS) akan dilaksanakan minggu depan, sekolah diharapkan siap untuk mendistribusikan soal kepada siswa dengan aman dan cermat tetap mematuhi protokol kesehatan.  

Narasumber kemudian masuk pada materi inti yaitu “Media Pembelajaran”. Dalam menggunakan media pembelajaran guru harus bijak disesuaikan dengan kemampuan dan potensi peserta didik. Guru tidak boleh memaksa semua peserta didik harus pandai, masing-masing memiliki kemampuan yang berbeda dan guru harus menyadari hal tersebut. Mengajar adalah menciptakan kondisi agar terjadi proses belajar, peran guru sebagai perantara untuk menyampaikan pesan. Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang sesuai dengan kondisi peserta didik. Intinya sebagai guru harus bisa menyesuaikan antara media pembelajaran dengan peserta didik agar bisa mendapatkan haknya. Media pembelajaran tidak harus media elektronika. Di masa pandemi ini pembelajaran masih dilaksanakan secara jarak jauh, jadi yang paling aman adalah menggunakan media pembelajaran paling dekat dengan peserta didik misalnya lingkungan sekitar. Televisi, radio, alam sekitar, dapat menjadi media pembelajaran, peserta didik diajak untuk observasi, demonstrasi, partisipasi sehingga mendapatkan pengalaman langsung. 

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab setelah narasumber selesai menyampaikan materi. Peserta aktif dan berdiskusi bersama narasumber. Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Batuwarno memberikan pesan agar semangat para guru tidak turun untuk terus mengadakan kegiatan KKG. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama secara virtual.