KKG Gugus Dahlia Wonogiri Gelar Optimalisasi Pemanfaatan Platform Merdeka Belajar Jilid Tiga

KKG Gugus Dahlia Kecamatan Wonogiri menyelenggarakan pertemuan rutin pada Sabtu, 11 Februari 2023 bertempat di SDN 1 Manjung Wonogiri. Optimalisasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang sebelumnya sudah di laksanakan ON sekali dan In juga sekali, yang menghadirkan narasumber Instruktur Kabupaten dan Guru Penggerak Angkatan 4.

Kegiatan dimulai pada pukul 10.00 WIB. Sri Purwani mengawali kegiatan dengan menyapa para peserta KKG yang terdiri dari guru kelas se Gugus Dahlia Kecamatan Wonogiri. Jumlah peserta yang hadir kurang lebih 54 peserta. Acara ini dipandu oleh Sri Purwani sebagai moderator sekaligus pembawa acara, kemudian dilanjutkan dengan  menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya sambutan dari ketua KKG yang menyampaikan banyak terima kasih atas kehadiran peserta serta menyampaikan rencana kegiatan  KKG yang akan datang.

Adapun penyampaian materi oleh narasumber Lina Putri Nanda Sari guru SDN 1 Purwosari. Beliau menyampaikan pengalamannya tentang bagaimana cara mengerjakan aksi nyata dan mendapatkan sertifikatnya. Sejauh ini beliau telah mendapatkan 5 sertifikat yang diterima dalam aksi nyatanya, beliau juga menyampaikan trik-trik supaya aksi nyata diterima dan mendapatkan sertifikat. Dengan cara memahami materi aksi nyata yang disampaikan dalam topik dan melengkapi permintaan dokumen-dokumen yang diminta. Semua topik dikerjakan secara urut setiap topiknya supaya tidak ada yang terlewatkan, memilih topik yang akan dipilih sesuai kemampuan supaya dalam mengerjakan tidak merasa kesulitan, membaca rincian dan mempelajari rincian tiap topik yang tersedia jangan samapi salah memasukkan dokumen, karena jika salah memasukkan aksi nyata tidak diterima. Dengan melihat aksi nyata  dari orang lain dapat menjadi referensi dalam mengerjakan aksi nyata.

Selama kegiatan berlangsung peserta KKG melakukan praktik membuat aksi nyata melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM), peserta antusias dan sesi tanya jawab berlangsung dengan menarik terbukti dengan adanya banyak pertanyaan-pertanyaan yang dilakukan oleh peserta kepada narasumber, sehingga peserta yang kurang paham menjadi lebih paham. Kegiatan ditutup dengan tepuk tangan meriah dari para peserta KKG Gugus Dahlia