KKG Gugus Dahlia Selenggarakan Pertemuan Virtual Bahas E-Rapor Guru Kelas

KKG Gugus Dahlia menyelenggarakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) ke-4 secara daring dengan materi “E-Rapor sebagai guru kelas” pada hari Sabtu, 3 April 2021. Kegiatan KKG ini diisi dan dipandu oleh Albar Juta Zaheru, Operator SD Negeri Wonomulyo. Dipandu Satya Wijayanto dari SD Negeri 1 Manjung sebagai host dan Sigit Ari Wibowo dari SD Negeri Wonomulyo sebagai Moderator. Pemateri memaparkan kepada seluruh guru dan kepala sekolah sewilayah Gugus Dahlia yang diikuti 44 peserta video conference.

Di e-rapor terdapat 3 pilihan yaitu sebagai admin, guru kelas, dan wali kelas yang disampaikan pada pertemuan hari ini terfokus sebagai guru kelas. E-rapor merupakan aplikasi yang dirancang untuk mempermudah sekolah dalam melakukan penginputan nilai peserta didik sehingga dapat menghasilkan sebuah buku laporan hasil penilaian secara otomatis dapat diprint dan dibagikan kepada masing-masing peserta didik.

Aplikasi e-rapor tersebut sudah terintegrasi dengan aplikasi dapodik sehingga data-data yang menunjang proses pengerjaan e-rapor dapat langsung secara otomatis ditarik dari aplikasi dapodik dan dapat masuk ke dalam aplikasi e-rapor melalui proses syncronisasi. Kelebihan lain dari e-rapor adalah sekolah tidak perlu lagi melakukan input nilai secara manual ke dalam aplikasi dapodik sebab sudah langsung ter-synckronisasi dengan aplikasi e-rapor.

Sebelum menggunakan aplikasi e-rapor pastikan terlebih dahulu data pada aplikasi e-rapor sudah valid. Kevalidan data ini perlu dilakukan oleh semua guru yang dikoordinasikan dengan admin atau operator sekolah, antara lain identitas sekolah, identitas dan data guru, data siswa, pembelajaran, ekstrakurikuler serta data periodik siswa.

Penyusunan kurikulum juga sudah disediakan dari kementerian sehingga kita tinggal melakukan penyesuaian dengan cara penambahan, pengurangan, pengubahan, memperpendek, serta memetakan SK/KD yang ada untuk kita sesuaikan dengan keadaan di sekolah kita. Dalam penulisan KD diharuskan menggunakan titik (.) bukan koma (,) dikarenakan terdapat kasus dalam penulisan KD dengan koma (,) ternyata pada KD tersebut tidak dapat muncul. Kesalahan seperti ini masih dapat diperbaiki di kolom edit dengan mengubah tanda koma menjadi titik.

Alur kerja bagi seorang admin antara lain melakukan install aplikasi, login sebagai admin, menambahkan admin, mengambil data, generate user, edit data sekolah, mengubah/meringkas nama mapel, mapping mapel, input KKM, menambah dan mengedit butir sikap, menginput tanggal rapor, mencetak rapor dan leger, menginput USBN, mengirim nilai ke dapodik serta backup dan restore data. Bagi guru mata pelajaran alur yang harus dilakukan dimulai dari login, ubah password, mapping KD, perencanaan penilaian, download format impor, input nilai pengetahuan, input nilai keterampilan, input nilai sikap, proses deskripsi, kirim nilai akhir, dan terakhir melihat pengolahan nilai.

Andri Ristianto dari SD Negeri Pelem 1 mengucapkan terima kasih atas pemaparan materi dari narasumber serta mengusulkan untuk file supaya dapat dishare ke grup operator ataupun grup gugus sehingga dapat digunakan sebagai panduan tertulis saat menggunakan e-rapor di kemudian hari. Moderator Sigit Ari Wibowo juga menyampaikan bahwa e-rapor dibuat bukan untuk mempersulit namun digunakan untuk mempermudah proses penilaian dalam membuat rapor. Yuni Pancawati dari SD Negeri Wonomulyo menanyakan terkait KKM yang dimasukkan ke dalam e-rapor serta selama PJJ bagaimana mengolah nilai supaya mendapatkan nilai yang sesuai dengan peserta didik dan tidak di bawah KKM.