KKG Gugus Anggrek Wonogiri Gelar Seminar PTK dan PTS

KKG Gugus Anggrek Kecamatan Wonogiri secara mandiri mengadakan Pelatihan Bimbingan Penulisan PTS dan PTK bagi Kepala Sekolah dan Guru. Pelatihan telah dimulai sejak awal Februari 2020 dan berakhir awal April 2020 bertempat di SD Negeri 7 Wonogiri.

Metode pelatihan mengombinasikan bentuk kegiatan In Service dan On Service. Sebagai rangkaian akhir kegiatan pelatihan dilakukan seminar PTS dan PTK. Agenda seminar sesuai jadwal mestinya terlaksana pada petengahan April 2020. Di masa pandemi Covid-19 yang harus selalu mengutamakan protokol kesehatan yaitu physical distancing (jaga jarak) dengan mengurangi kerumunan masa, maka kegiatan seminar diselenggarakan secara online dengan Video Conference. Vicon dengan aplikasi yang sudah familiar bagi  para pendidik yakni aplikasi Cisco Webex.

Vicon dilaksanakan pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 29-30 Mei 2020 dalam 2 sesi. Sesi pertama dilaksanakan pukul 08.00-11.00 WIB dan sesi kedua diselenggarakan pukul 13.00-15.30 WIB. Vicon dirancang di dua pusat tempat kegiatan, yaitu SD Negeri 1 Wonoboyo (studio 1) dan SD Negeri 7 Wonogiri (studio 2). Pelaksanaan pusat kegiatan narasumber di dua tempat ini dengan tujuan agar mampu mengurangi noise dan gema yang muncul saat diselenggarakannya vicon, sehingga semua petugas lebih nyaman dalam melaksanakan tugas dalam seminar. Bertindak sebagai narasumber di studio 1, Sri Marhaeningsih, S.Pd. dengan host, Danang Haryanto, S.Pd. dan bertugas sebagai moderator, Handrian Ichsan, S.Pd., M.Pd. sebagai notulis, Kendar Mulad, S.Pd. dengan petugas presensi, Niken Novita Sari, S.Pd. Sementara itu bertugas sebagai narasumber di studio 2, Hery Hartanto, S.Pd., M.Pd. dengan host, Wahyu Junaidi, S.Pd. dan moderator, Saryono, S.Pd., M.Pd. sedangkan notulis, Sujarwo, S.Pd. dan petugas presensi, Sarwiji, S.Pd.

Kegiatan seminar dapat berlangsung dengan lancar meskipun di awal kegiatan ada sedikit kendala teknis. Permasalahan dapat diatasi dengan baik sampai berakhirnya seminar. Peserta dengan antusias mengikuti seminar dari mulai persiapan hingga akhir seminar.

Semua peserta dapat berperan sebagaimana harapan dan tujuan diadakannya pelatihan sebagai bentuk implementasi pelaksanaan publikasi ilmiah. Kegiatan ini bermanfaat bagi pengembangan kualitas pembelajaran dan pendidikan pada umumnya. Selain itu sangat membantu para kepala sekolah dan guru untuk memperoleh nilai angka kredit guru pada pengembangan diri dan publikasi ilmiah.