KKG Gugus Anggrek Kecamatan Wonogiri Gelar Sosialisasi E-Rapor

Menindaklanjuti kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) tahun 2021 yang telah dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri pada tanggal 8 Februari 2021, Gugus Anggrek Kecamatan Wonogiri melaksanakan pertemuan kedua secara daring menggunakan Microsoft Teams dengan fokus materi tentang E-Rapor pada pukul 09.30 WIB (Jum’at, 19/2/2021). Sarwiji guru SDN 3 Giriwono sebagai host pada kegiatan kali ini mengawali kegiatan dengan menyapa peserta dan menyampaikan tata tertib selama bergabung dalam Microsoft Teams. Selanjutnya Alfian Dian Pratiwi guru SDN 7 Wonogiri bertugas sebagai moderator menyampaikan susunan acara dan memperkenalkan narasumber kegiatan ini. Adapun narasumber kali ini adalah Handrian Ihsan Aditya guru SDN 2 Giripurwo.

Kegiatan KKG Gugus Anggrek ini diikuti kurang lebih 27 peserta sesuai daftar hadir dan diharapkan mampu menggunakan perangkat lunak e-raport. Disampaikan oleh narasumber bahwa penilaian pada semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 menggunakan aplikasi E-Rapor. Dalam paparannya narasumber menyampaikan bahwa penerapan E-Rapor ini pada prinsipnya bertujuan ingin lebih menanamkan integritas kepada para guru dalam memberikan penilaian hasil belajar siswa di kelas. Dengan sistem elektronik ini, tidak hanya akan menjaga integritas dalam pemberian nilai, namun juga akuntabilitas. Sebab aplikasi E-Rapor SD ini juga sudah terintegrasi dengan aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang ada di Kemendikbud.
Aplikasi E-Rapor Sekolah Dasar dikembangkan dengan tujuannya memfasilitasi pendidik dan sekolah agar lebih mudah dalam merencanakan, mengolah, dan melaporkan penilaian hasil belajar peserta didik oleh pendidik sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Dengan sistem baru ini, secara tidak langsung ‘memaksa’ guru untuk membuat perencanaan, penilaian, selama satu tahun. Penilaiannya akan lebih terstruktur, dari penilaian harian, penilaian tengah semester sampai penilaian akhir tahun.

Tahapan penggunaan aplikasi ini terdiri dari pengambilan data sekolah dari Dapodik, pengisian data penilaian hasil belajar, pengolahan dan pencetakan ke dalam bentuk rapor digital (siap cetak). Semua tahap ini dilakukan di luar jaringan (offline).

Semangat dan antusias peserta KKG terlihat dari banyaknya peserta yang bertanya. Pada sesi penutup, moderator menyampaikan kesimpulan dari rangkaian acara yang telah dilaksanakan maupun agenda kegiatan pada pertemuan selanjutnya. Sebelum mengakhiri pertemuan, host mengingatkan kepada para peserta untuk mengisi form daftar hadir melalui link yang sudah dibagikan. Selanjutnya, peserta diminta mengaktifkan video untuk foto bersama sebagai pendokumentasian kegiatan. Semoga semangat kebersamaan melalui kegiatan KKG ini kedepan semakin baik untuk peningkatan mutu pendidikan.