KKG Ggugus Pangeran Diponegoro Kupas  Google Workspace Education

Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Pangeran Diponegoro Pracimantoro menyelenggarakan pembukaan Kegiatan Kolektif Guru (KKG). Kegiatan kali ini mengambil tema Google Workspace Education.  Ketua KKG Gugus Pangeran Diponegoro, Sutomo, berkenan hadir pada kegiatan tersebut dengan narasumber kegiatan Nita Dewi Nurdianawati. Kegiatan diselenggarakan secara virtual menggunakan Microsoft Teams pada Sabtu, 19 Maret 2022.

Kegiatan video conference kali ini dimulai pukul 10.00 WIB yang dipandu oleh host Tri Susilowati, guru SD Negeri 1 Petirsari dan moderator Ika Wahyuningsih, guru SD Negeri 2 Joho.  Jumlah peserta kegiatan yang masuk dalam meeting room sebanyak 47 orang.

Sambutan pertama oleh Ketua Gugus Pangeran Diponegoro, Sutomo, guru SD Negeri 1 Petirsari Pracimantoro. Beliau mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada semua peserta KKG yang hadir pada kegiatan ini.  Beliau berharap agar seluruh rangkaian KKG Gugus Pangeran Diponegoro diikuti dengan baik karena merupakan bagian penting dalam peningkatan profesionalisme, kinerja, dan pengembangan karier guru.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan narasumber Nita Dewi Nurdianawati yang menyampaikan materi tentang Google Workspace Education. Dalam paparannya, pemateri menyampaikan Google Dokumen adalah alat untuk membuat dokumen teks seperti laporan cerita atau artikel. Dokumen adalah tempat terbaik  untuk tugas apapun yang mengharuskan banyak pengetikan.

Penggunaan Google Dokumen bidang pendidikan antara lain dapat dimanfaatkan sebagai: (1) Catatan kelas, catatan peninjauan, perencanaan pelajaran; (2) Menulis esai atau cerita; (3) Menulis kolaboratif; (4) Berbagi pendapat kolaboratif; (5) Membuat template bagi siswa untuk diketik; dan (6) Terjemahan.

Google Slide adalah alat presentasi yang membantu membuat slide digital untuk dibagikan di depan kelas atau audiens lain. Anda dapat menyertakan teks, gambar, bahkan video untuk membuat presentasi yang ditampilkan di layar besar atau dibagikan langsung kepada siswa. Google Slide tersedia di Web  atau sebagai aplikasi di perangkat seluler. Kumpulan slide disebut slide deck. Anda dapat menggunakan slide deck  untuk mendukung presentasi di kelas atau online.

Ada banyak cara menggunakan  google slide di kelas daring (online). Berikut ada dua cara cepat dan mudah untuk menggunakan google slide dalam pembelajaran. Dalam dua pembelajaran berikutnya, peserta KKG akan diajak mempelajari lebih banyak cara lanjutan menggunakan google slide, yaitu guru membuat slide deck untuk mengajarkan pelajaran, dan siswa membuat slide deck untuk menunjukkan apa yang telah mereka pelajari.

Peserta mengikuti kegiatan secara interaktif dan antusias meskipun diselenggarakan secara virtual. Ada berbagai pertanyaan dari peserta dan dijawab dengan baik dan jelas oleh narasumber sehingga menjadi paham.

Di akhir sesi, peserta melakukan presensi dengan mengisi form melalui tautan yang telah dibagikan. Semoga kegiatan KKG Gugus Pangeran Diponegoro, Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Pracimantoro tahun 2022 yang dikemas dalam bentuk video conference ini dapat memacu para guru mewujudkan tuntutan guru profesional dan guru bermutu.