KKG dan KKKS Puhpelem Selenggarakan Pembukaan dan Sosialisasi Program Kegiatan

Kelompok Kerja Guru dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKG dan KKKS) Kecamatan Puhpelem sukses menyelenggarakan kegiatan Pembukaan dan Sosialisasi Program Kegiatan Tahun 2021. Kegiatan ini diikuti anggota KKG Gugus Potrokusumo, KKG Gugus Budi Utomo, KKG PAI dan BP, KKG PJOK, dan KKKS secara daring menggunakan Microsoft Teams pada Sabtu (13/2/2021).

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk pengendalian penyebaran virus Covid-19 telah merubah pelaksanaan kegiatan guru di Kabupaten Wonogiri. Tidak hanya kegiatan pembelajaran siswa yang dilakukan secara daring, kegiatan guru dalam peningkatan profesioanilitas juga dilakukan secara daring. Berbagai rapat pun juga dilakukan secara daring dengan video conference (vicon).

Di masa pandemi covid-19 guru harus kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran. Pembelajaran jarak jauh yang mengharuskan guru merubah pola pembelajaran menjadi daring menuntut guru mengembangkan kemampuan dalam mengelola pembelajaran tersebut. KKG dan KKKS memandang perlu menambah bekal guru dalam mengelola pembelajaran secara daring melalui kegiatan KKG dan KKKS yang telah diprogramkan di tahun 2021.

Kegiatan dipandu oleh ketua KKG Gugus Potrokusumo, Bapak Heru Dian Prasetiyo. Diawali dengan laporan ketua pelaksana oleh Ketua KKKS yaitu Bapak Dwi Suparji. Dalam sambutannya beliau memotivasi anggota KKG dan KKKS Kecamatan Puhpelem untuk selalu semangat mengikuti kegiatan dan mengembangkan kemampuan diri dalam mengelola pembelajaran jarak jauh.

Acara dilanjutkan dengan pengarahan oleh Bapak Yulianto selaku Ketua Korwil Bidang Pendidikan Puhpelem sekaligus narasumber pada kegiatan ini. Dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi kepada anggota KKG dan KKKS agar tetap semangat mengikuti kegiatan baik dari unit kerja maupun rumah masing-masing. Selain itu beliau berpesan kepada guru untuk selalu mengembangkan kemampuan mengelola pembelajaran jarak jauh yang sudah berjalan hampir setahun. Pemberian motivasi kepada siswa dalam mengikuti kegiatan pembelaran jarak jauh sangat ditekankan dikarenakan siswa, orang tua saat ini sudah mulai bosan dan mengeluh pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Dengan kemampuan guru menerapkan model-model pembelajaran jarak jauh secara daring diharapkan siswa dan orang tua tetap semangat mengikuti PJJ sehingga diperoleh hasil belajar yang maksimal.

Penyampaian paparan program kegiatan KKG dan KKKS tahun 2021 oleh masing-masing penanggung jawab kegiatan KKG dan KKKS. Dalam paparan program kegiatan KKG dan KKKS tahun 2021 dimulai hari ini dan berakhir bulan Agustus 2021 dengan 5 materi pembahasan 16 pertemuan. Materi pembahasan masing-masing KKG dan KKKS berbeda sesuai dengan kebutuhan masing-masing kelompok kerja.