KKG Dahlia Wonogiri Mantapkan PJJ dengan Video

Menanggapi keluhan peserta didik dalam menjalani pembelajaran secara daring tentang materi pembelajaran baru serta pengerjaan tugas belajar  yang sulit dipahami, guru se-gugus Dahlia berusaha mencari solusi untuk masalah tersebut. Untuk itu guru-guru se gugus Dahlia sepakat untuk belajar bersama membuat video pembelajaran. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh KKG Gugus Dahlia kecamatan Wonogiri secara virtual Conference. Microsoft Teams dipilih sebagai media pertemuan KKG Daring karena merupakan fasilitas yang telah diberikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri kepada guru di seluruh Kabupaten Wonogiri. Guru-guru di gugus Dahlia sudah terbiasa menggunakan fasilitas ini karena kegiatan daring yang dilaksanakan sebelumnya juga sudah mengunakan fasilitas Microsoft Teams.

Kegiatan KKG Gugus Dahlia dengan materi “Belajar Video PJJ” dipilih karena kegiatan ini sifatnya belajar bersama untuk mencari cara terbaik dan termudah dalam membuat video sebagai media Pembelajaran Jarak  Jauh (PJJ). Dengan dukungan dan motivasi dari Ibu Dra. Sukatmi, M.Pd selaku Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Kabupaten Wonogiri saat mengawali acara, meningkatkan percaya diri guru-guru se Gugus dahlia dalam menjalani PJJ ini. PJJ dapat dilakukan dengan beberapa cara tanpa mengabaikan protokol kesehatan saat pandemi corvid-19, pendidikan penting akan tetapi kesehatan juga harus diperhatikan, sambut beliau.

Penguatan tambahan juga diberikan Pengawas Kecamatan Wonogiri, Dra. Dwi Endiastuti, M.Pd. Guru diharapkan untuk beradaptasi dengan situasi pembelajaran saat ini diikuti dengan perencanaan dan pengelolaan pembelajaran yang disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Beliau berpesan untuk mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya karena video pembelajaran merupakan salah satu solusi dalam memberikan pelayanan pendidikan dalam PJJ. Selanjutnya, penyampaian materi kegiatan disampaikan oleh Sigit Ari Wibowo,S.Pd selaku Ketua KKG dan dipandu oleh Vietry Nur Pramita,S.Pd.SD ini diikuti oleh guru dan Kepala Sekolah se Gugus Dahlia melalui akun Teams masing-masing maupun secara kelompok dalam satu sekolah.

Sigit Ari Wibowo menyampaikan bahwa membuat video pembelajaran dapat dilakukan oleh guru secara mudah. Dengan menawarkan berbagai aplikasi untuk membuat video pembelajaran, diharapkan guru-guru dapat menentukan aplikasi mana yang dapat dikuasai dengan mudah. Berikutnya setelah kegiatan ini diharapkan guru menjadi lebih antusias untuk menyampaikan pebelajaran dalam bentuk video mengingat berbagai kelebihannya.

Dengan penjelasan langkah-langkah pembuatan video pembelajaran yang disampaikan penyaji diharapkan video pembelajaran yang nantinya dibuat oleh guru benar-benar bermanfaat dan memuat marei pembelajaran secara menyeluruh. Video pembelajaran guru ini bertujuan untuk memberikan variasi pembelajaran yang mencerminkan kegiatan pembelajaran didalam kelas. Sehingga siswa memahami materi pembelajaran tidak hanya dengan mengerjakan soal latihan tanpa penjelasan.

Selesainya kegiatan ini dengan lancar dan dapat diikuti oleh guru se gugus Dahlia membuat Pengurus KKG Gugus Dahlia optimis untuk melakukan kegiatan virtual lagi dalam membantu guru untuk mempersiapkan pembelajaran secara daring.