KKG Budi Utomo Puhpelem Selenggarakan Percepatan PMM

Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Budi Utomo Kecamatan Puhpelem sukses selenggarakan Percepatan Pelatihan Mandiri Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada pelatihan mandiri. Kegiatan ini diikuti anggota KKG Gugus Budi Utomo pada Kamis (15/09/2022) di SD Negeri 1 Puhpelem. Kegiatan dibuka oleh Fitrianna Puspitasari. Kegiatan diawali dengan bacaan basmallah dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara selanjutnya sambutan pembina Gugus Budi Utomo, Maryanto. Setelah itu diisi dengan sambutan Suprayitno selaku ketua Gugus Budi Utomo. Dalam sambutannya beliau memotivasi anggota KKG Gugus Budi Utomo untuk selalu semangat mengikuti kegiatan KKG terutama Pelatihan Mandiri di PMM. Tujuan Kegiatan KKG guru bertambah wawasannya dari Pelatihan Mandiri Platform Merdeka Mengajar dan diimplementasikan dalam Kegiatan Belajar Mengajar sehingga pembelajaran mencapai hasil maksimal. Percepatan Pelatihan Mandiri Platform Merdeka Belajar ini pertama kalinya dilaksanakan di KKG sehingga diharapkan peserta KKG mengikuti dengan sungguh-sungguh dan dapat memperoleh pengetahuan dari modul-modul di Pelatihan Mandiri untuk diaplikasikan dalam pembelajaran.

Acara selanjutnya penyampaian materi oleh narasumber, Heru Dian Prasetiyo, guru SD Negeri 1 Giriharjo. Heru menyampaikan agar guru mengeksplor menu-menu di Platform Merdeka Mengajar diantaranya Video Aplikasi, Pelatihan Mandiri, Bukti Karya, Komunitas Belajar, Asesmen Murid, Perangkat Ajar, dan Tentang Kurikulum Merdeka. Salah satu yang akan dipelajari pada KKG ini adalah Pelatihan Mandiri yang terdiri dari 9 topik antara lain Merdeka Belajar, Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A, Asesmen SD/Paket A, Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SD/Paket A, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD/Paket A, Disiplin Positif, dan Asesmen Awal Pembelajaran Literasi.

Peserta KKG antusias mengikuti Pelatihan Mandiri Topik Merdeka Belajar dan Kurikulum Merdeka di Platform Merdeka Mengajar mulai mempelajari modul ajar, refleksi, dan mengerjakan post test. Untuk aksi nyata dikerjakan di sekolah masing-masing. Dikarenakan aksi nyata salah satu persyaratan mendapatkan sertifikat diharapkan anggota KKG melaksanakannya sehingga sertifikat dapat terbit. Pertemuan yang akan datang melanjutkan Pelatihan Mandiri topik yang lain. Diharapkan dalam waktu satu bulan 9 topik di Pelatihan Mandiri selesai. Acara ditutup dengan bacaan hamdallah.