KKG BK SR O1 Selenggarakan KKG Paket 3 Pertemuan 2

 Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK ) Selasa , 2 Agustus 2022 melaksanakan kembali Kegiatan Kolektif Guru (KKG ), yang pada saat ini telah sampai pada tahap yang ke-3 pertemuan yang ke-2. KKG BK saat ini masih dilaksanakan secara luring di SMP Negeri 7 Kabupaten Wonogiri. Dihadiri oleh kurang lebih 35 peserta KKG, dibuka pada pukul 08.30 WIB oleh MC (Bambang Waskitho SNKH , guru BK SMP Negeri 2 Ngadirojo ) dengan mengucap Basmallah secara bersama-sama. 

KKG diawali dengan sambutan oleh kepala Sekolah SMP Negeri 7 Wonogiri. Beliau mengucapkan terimakasih atas kehadiran bapak/ibu guru BK dari sub rayon 01 kabupaten Wonogiri, dengan penuh kerendahan hati beliau mempersilahkan segala fasilitas yang ada untuk keterlaksanaanya KKG BK di SMP Negeri 7 Wonogiri. Harapannya semoga KKG ini bisa berjalan dengan lancar, dan mohon maaf andai ada banyak kekurangan, contohnya tempatnya kurang kondusif untuk pelaksanaan KKG, dikarenakan memang SMP Negeri 7 Wonogiri belum memiliki AULA. 

Sambutan yang kedua disampaikan oleh Sumarno, ketua MGBK Rayon Kabupaten Wonogiri, guru BK SMP Negeri 2 Ngadirojo. Pada sambutannya beliau banyak mengupas tentang profil pelajar Pancasila. Beliau juga menjelaskan tentang hakekat manusia secara detail. Di samping itu Sumarno juga menyinggung masalah tugas perkembangan dalam SKKPD (Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik ) yang harus disampaikan kepada peserta didik. 

Kegiatan  inti KKG BK disampaikan oleh Winoto (Ketua MGBK Sub Rayon 1 Wonogiri, guru BK SMP Negeri 2 Nguntoronadi. Kegiatan ini difokuskan tentang aplikasi data peserta didik. Di mana beliau secara panjang lebar menjelaskan tata cara pembuatan atau penyusunan datanya beserta bagaimana cara mengoperasikan aplikasi tersebut. Menurutnya aplikasi ini bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan tentang data peserta didik, misalnya : data latar belakang keluarga, usia, pekerjaan orangtua dan lain sebagainya. Pada akhir penjelasannya beliau menghimbau kepada seluruh guru BK untuk bersama-sama meningkatkan layanannya terhadap peserta didik. 

Kegiatan dilanjutkan dengan acara lain-lain. Pada acara lain-lain ini yang pertama disampaikan oleh Hardiyo, guru BK SMP Negeri 2 Ngadirojo. Beliau menyampaikan terkait dengan IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka ) khususnya pada Bimbingan konseling. Beliau menjelaskan secara rinci bagaimana cara menyikapi IKM itu dalam pemberian layanan sehari-hari. Karena ini hal yang baru maka perlu disikapi dengan penuh kebijakan. Selain itu beliau juga membahas berkenaan dengan rencana MGBK yang akan melakukan kegiatan kunjungan social. Oleh karena sesuatu hal maka kegiatan tersebut yang sedianya dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2022 ditunda menjadi tanggal 20 September 2022. 

Akhir kegiatan pengurus MGBK Sub Rayon 01 Wonogiri menyampaikan rencana kerja MGBK dan rencana pertemuan yang akan datang. Di mana pada pertemuan yang akan datang diharapkan peserta KKG supaya membawa data peserta didik untuk dilaksanakan latihan bersama berkenaan dengan aplikasi yang disampaikan oleh nara sumber Winoto. KKG BK ditutup oleh MC dengan membaca hamdallah bersama-sama pada pukul 12.30 WIB.