KKG Bahasa Indonesia Subrayon 03 Pemilihan Bahan Ajar dan Penilaian

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia Subrayon 03 kembali menyelenggarakan KKG (Kegiatan Kolektif Guru) paket ke-3 tentang Pemilihan Bahan Ajar dan Penilaian (Kamis, 8/4/2021). Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB melalui Microsoft Teams dengan narasumber Sumanto dari SMP Negeri 1 Giritontro. Mulyati selaku host memulai acara dengan menyapa peserta yang telah hadir, kemudian menyerahkan acara sepenuhnya kepada moderator, Renggo Hartanto dari SMP Negeri 1 Giriwoyo.

Ketua MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 03, Sagiman mengawali kegiatan dengan memberikan sambutan dan menyampaikan tujuan dari KKG. Beliau menjelaskan, para guru khususnya guru Bahasa Indonesia Subrayon 03 diharapkan selalu meningkatkan kompetensi dan selalu berusaha untuk profesional dalam melaksanakan tugas-tugasnya, salah satunya dengan membuat bahan ajar dan penilaian. Masih banyak guru yang kurang memerhatikan atau kurang menghiraukan terkait pembuatan bahan ajar dan penilaian. Sebagai produk (out put) dari kegiatan ini,  guru diminta untuk membuat bahan ajar dan contoh penilaian kemudaian saling berbagi (sharing) untuk pertemuan berikutnya.

Selanjutnya kegiatan diserahkan kepada Sumanto selaku narasumber. Sebelumnya beliau mengawali dengan menyampaikan bahwa pilar-pilar pendidikan sesuai dengan program UNESCO adalah learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to life together. Oleh karena itu, hendaknya sebagai guru berusaha untuk merealisasikannya. Sebelum menyampaikan materi inti, Sumanto menyampaikan tujuan dan mengingatkan kembali pentingnnya menyusun dan memilih bahan ajar di antaranya adalah membantu peserta didik dalam mempelajari sesuatu, menyediakan berbagai jenis bahan ajar, memudahkan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran lebih menarik. Setelah itu beliau menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan bahan ajar diawali dari pengertian, prosedur dan kriteria pemilihan bahan ajar, identifikasi jenis-jenis materi, strategi penyampaian dan cara menyusun penilaiannya. Kemudian beliau juga memberikan contoh salah satu produk bahan ajar yang mudah yaitu diktat. Sebelum mengakhiri materinya, Sumanto menyampaikan bahwasanya diktat memiliki minimal dua manfaat yaitu sebagai bahan pembelajaran dan juga bisa digunakan untuk kenaikan pangkat khususnya bagi ASN. Kegiatan yang diikuti oleh hampir seluruh guru Bahasa Indonesia Subrayon 03 ini berlangsung lancar dan sukses meskipun ada sedikit kendala teknis, khususnya masalah jaringan sinyal internet atau wifi di beberapa tempat peserta kegiatan. Setelah acara sharing dan tanya jawab selesai, acara dikembalikan kepada moderator dan selanjutnya ditutup oleh host.