KG Gugus Potrokusumo Kecamatan Puhpelem Gelar Percepatan Pemanfaatan PMM

Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Potokusumo Kecamatan Puhpelem sukses gelar Percepatan Pemanfaatan PMM. Kegiatan ini diikuti anggota KKG Gugus Potrokusumo bertempat di SD Negeri 1 Giriharjo pada Sabtu, 21 Januari 2023. Kegiatan dibuka oleh moderator Sintia Widiyaningsih, guru kelas SD Negeri 1 Nguneng. Kegiatan diawali dengan bacaan basmalah, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dipandu oleh Mutiara Tyas Kinasih, guru kelas SD Negeri 1 Nguneng.  

Acara berikutnya sambutan-sambutan. Sambutan pertama dari Kepala SD Negeri 1 Giriharjo sekaligus ketua Gugus Potrokusumo, Budhi Prayitno. Dalam sambutannya beliau memotivasi anggota KKG untuk selalu semangat mengikuti kegiatan KKG. Normalisasi kegiatan KKG diharapkan guru mampu memanfaatkan PMM semaksimal mungkin sehingga implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran bisa maksimal. Beliau juga menyampaikan KKG sebagai sarana untuk sharing jika guru-guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka mengalami kendala atau kesulitan.  

Sambutan kedua dari Ketua KKG Gugus Potrokusumo, Sugiyarto. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada anggota KKG yang telah memilihnya sebagai ketua KKG periode 2023-2025. Beliau juga memotivasi guru-guru Gugus Potrokusumo semangat dalam mengikuti KKG dan segera melaksanakan aksi nyata Pelatihan Mandiri Topik 1 sampai 4 PMM. Diharapkan pertengahan Februari aksi nyata tersebut sudah selesai diunggah di PMM. 

Acara selanjutnya penyampaian materi oleh Fauzianna Guru Kelas SD Negeri 1 Nguneng. Beliau menyampaikan pemanfaatan PMM salah satunya menyelesaikan Pelatihan Mandiri. Pelatihan Mandiri terdiri dari 14 Topik, targetnya sampai pertengahan Februari menyelesaikan topik 1 sampai 4. Tahapan pertama Pelatihan Mandiri yaitu mempelajari dan menyelesaikan semua modul. Setiap modul memiliki materi, aktivitas, dan post test yang harus dipelajari dan dikerjakan. Tahapan kedua melaksanakan aksi nyata. Beliau juga memaparkan tips lolos aksi nyata di PMM antara lain: 1) Aksi nyata tidak mengandung plagiarisme, 2) Aksi nyata sesuai panduan yang dipilih, 3) Aktivitas sesuai dengan aksi nyata yang dipilih, 4) Memuat dokumentasi dalam melaksanakan aksi nyata, 5) Menerima umpan balik dari objek aksi nyata. Beliau juga memberikan contoh-contoh aksi nyata sebagai referensi guru dalam melaksanakan aksi nyata dan mengunggahnya di Pelatihan Mandiri PMM. 

Agenda pertemuan yang akan datang guru akan membuat laporan pelaksanaan aksi nyata yang telah dilaksanakan menggunakan aplikasi Canva dan sharing kendala-kendala yang dihadapi ketika melaksanakan aksi nyata. Diharapkan dipertemuan yang akan datang guru sudah mempersiapkan materi presentasi, dokumentasi, dan umpan balik topik 1 sehingga lebih cepat dalam membuat laporannya di aplikasi Canva