“KEYAKINAN KELAS” Menjadi Pembuka Paket 2 Pertemuan 1

Keyakinan Kelas adalah salah satu Substansi Program Guru Penggerak yang menjadi topik pada Paket 2 Pertemuan 1 KKG Gugus Ahmad Yani. KKG dilaksanakan secara luring pada Rabu, 22 Februari 2023 bertempat di SDN 1 Tirtomoyo pukul 12.15 sampai 14.00 WIB. Kegiatan diikuti dengan antusias oleh guru kelas 1-6 dari 8 SD yang tergabung dalam KKG Gugus Ahmad Yani. Kegiatan diawali dengan doa bersama dan  pembacaan acara oleh Rahayuningsih, selaku Host. Sambutan diberikan oleh Wakil Ketua KKG Gugus Ahmad Yani, Ema Harwati, beliau mengucapkan terimakasih atas semangat rekan guru yang telah hadir dalam kegiatan KKG rutin paket 2 pertemuan 1. Ema juga mengapresiasi telah diselesaikannya program percepatan aksi nyata PMM oleh rekan-rekan guru, bahwasannya Tirtomoyo menduduki peringkat ke 16 dari 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri dengan rata-rata 89,13% dari 398 responden yang masuk ke Laporan PMM Pringgondani. Beliau juga menghimbau untuk yang belum selesai segera menyelesaikan dan yang telah selesai melanjutkan pelatihan mandiri di PMM karena selain upgrade kemampuan diri juga intensitas membuka PMM berpengaruh terhadap raport mutu sekolah. Di akhir sambutannya, Ema berharap dengan adanya materi Substansi CGP ini, memicu semangat dan motivasi rekan-rekan guru untuk mengikuti Program Guru Penggerak. 

Acara dilanjutkan pada isian dari narasumber, Normareta Niatama, CGP Angkatan 7 dari Kecamatan Tirtomoyo. Beliau mengawali pemahaman dengan pertanyaan pemantik Keyakinan Kelas sama dengan peraturan kelas, benar atau salah? Norma mencontohkan keyakinan kelas yang telah dibuat oleh guru di SDN 3 Tirtomoyo sudah bagus namun belum sesuai tata urutan yang baik. Beliau menjelaskan urutan langkah menetapkan keyakinan kelas. Kemudian, beliau mengajak guru KKG untuk bermain peran membuat Keyakinan Kelas yang baik sesuai dengan urutan langkah yang telah di jelaskan. 

Guru berkelompok 5 orang dan bergantian peran menjadi Guru dan Murid untuk menyelesaikan lima bagian urutan langkah membuat keyakinan kelas. Seluruh peserta antusias dan terlihat bersemangat mengikuti sesi ini. Di akhir pertemuan, Norma menyampaikan bahwa kegiatan ini bisa diimplementasikan di dalam kelas masing-masing dan dapat di dokumentasikan sehingga bisa digunakan untuk Aksi Nyata topik Disiplin Positif PMM. Kegiatan diakhiri dengan menyampaikan materi di pertemuan berikutnya yaitu Segitiga Restitusi.