Kegiatan Kolektif Guru MGMP Matematika SMP Subrayon 05 Gelar Webinar Silabus Masa Pandemi

Webinarnar penyusunan silabus pada pertemuan ketiga dilaksanakan Kamis, 4 Maret 2021 pada pukul 09.00 – 12.00 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh semua guru mata pelajaran matematika SMP di subrayon 05 Purwantoro secara daring dengan Microsoft Teams.

Nyoto, sebagai ketua MGMP Matematika SMP Subrayon 05 dalam sambutannya berharap setelah kegiatan webinar ini bapak ibu guru mampu dan menguasai penyusunan silabus dalam kondisi apapun baik dimasa pandemi ataupun normal. Pengembangan silabus ini merupakan tugas pokok dari guru dan sebagai dasar dalam pembuatan perangkat pembelajaran misalnya RPP dan penilaian. Semoga dengan kegiatan ini memberi manfaat terhadap guru terutama peserta didik.

Pengawas Subrayon 05 Slamet Riyadi sebagai narasumber mengatakan bahwa dari beberapa silabus yang dipaparkan pada pertemuan sebelumnya masih beragam, sehingga beliau berharap ada pemahaman dan persamaan presepsi dalam pengembangan silabus. Sumber belajar di silabus minimal ada tiga sumber belajar bisa dari internet, buku atau sumber belajar lain dan penilaian sikap, penilaian pengetahuan, penilaian keterampilan sebaiknya dijabarkan lebih rinci.

Inti dalam kegiatan kali ini adalah pemaparan silabus kemudian didiskusikan secara bersama yang dipandu oleh moderator Deny Ella Herawati Guru SMPN 2 Puhpelem, dibantu oleh host Edy Yuwantoro guru SMP Negeri 1 Purwantoro. Diskusi ini dimaksudkan supaya ada kesamaan presepsi tentang silabus yang dikembangkan dengan harapan produk silabus lebih baik dan RPP yang dihasilkan berkualitas.

Kendala dalam webinar kali ini adalah mati lampu di beberapa tempat dan jaringan buruk, akan tetapi kegiatan tetap terlaksana dari awal hingga akhir kegiatan dan ditutup dengan doa.