Kecamatan Jatisrono Gelar Pendampingan Kedua Bersiap Tes PPPK

Dalam rangka menghadapi rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Korwil Kecamatan Jatisrono menggelar kegiatan pendampingan (Rabu, 14 Juli 2021). Kegiatan ini menggandeng para peserta lolos PPPK dan CPNS di Kecamatan Jatisrono selama beberapa tahun terakhir. Pendampingan ini merupakan kelanjutan dari sesi motivasi dan berbagi pengalaman yang telah digelar pekan lalu. Tahun ini, sebanyak 3.325 formasi dibuka untuk para guru yang ada di Kabupaten Wonogiri.

Melalui sambutannya, Sri Hartati Sari Reni selaku pengawas menekankan tentang harapan besarnya kepada para guru yang memenuhi kualifikasi tes PPPK di Kecamatan Jatisrono dapat lolos pada tes tahun ini. Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang baru.

Sesi pertama kegiatan ini dibuka dengan berbagi pengalaman dari salah satu mentor. Sri Subekti yang lolos tes PPPK dan kini bekerja di SD Negeri 3 Pandeyan, menyampaikan pengalamannya dapat lolos tes PPPK. Dirinya menegaskan salah satu trik jitu yang digunakannya dalam menghadapi tes yakni kemampuan menganalisis soal. Dengan mengetahui kategori soal, maka akan lebih mudah dalam pengerjaannya.

Kegiatan pendampingan yang diikuti oleh sekitar 70 partisipan ini membahas materi kompetensi manajerial yang mencakup  integritas, pelayanan publik, kerjasama, komunikasi, orientasi pada hasil, pengambilan keputusan, pengembangan diri dan mengelola perubahan. Kedelapan materi tersebut disampaikan bergantian oleh keempat narasumber yang diambil dari peserta lolos CPNS tahun 2019 dan 2020. Keempat narasumber tersebut diantaranya Endang Suwarti, Restu Catur, Dea Digna, dan Sri Handayani.