K3TK Wonogiri Virtual Meeting Bertajuk Manajerial Kepala Sekolah

K3TK Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan kegiatan virtual meeting dengan materi Manajerial Kepala Sekolah (Senin, 22/3/2021). Pada meeting virtual ini dihadiri seluruh kepala sekolah se- Kabupaten Wonogiri. Bertindak sebagai narasumber Suyono sekaligus sebagai ketua umum K3TK Kabupaten Wonogiri. Peserta yang hadir tercatat sebanyak kurang lebih 230 peserta, dengan host Sugiyarti dan moderator Tumpak Prihana.

Virtual meeting ini dihadiri oleh Bapak Banu Darusalam selaku Kepala Seksi PTK PAUD dan PNF. Pada sambutannya Banu Darusalam menyampaikan bahwa kepala sekolah selain mampu memanejerial sekolah juga harus segera belajar tentang IT. Pengetahuan akan IT wajib dipelajari karena kemajuan zaman menuntut kepala sekolah mampu akan IT untuk menunjang kemajuan sekolah.

Acara inti dari narasumber Suyono tentang Manajerial Kepala Sekolah, dalam pembahasannya ada beberapa poin penting yang beliau sampaikan. Poin penting itu adalah kepala sekolah sebagai manajer harus mencatat semua kebutuhan sekolah, kepala sekolah mempunyai catatan semua hasil baik itu yang sudaah berhasil maupun yang belum berhasil kebutuhan KI, PI, PD dan guru. Sehingga kebutuhan sekolah dapat terpenuhi, kepala sekolah harus transparan mengelola keuangan, dan memanfaatkan TIK untuk kemajuan lembaga.

Pada sesi akhir Suyono mengatakan bahwa implementasi kepemimpinan perubahan mengacu pada revolusi perubahan organisasi tentunya, permasalahan yang ditetapkan bukan permasalahan yang sifatnya sederhana atau dangkal yang terjadi di sekolah. Permasalahan yang dipilih adalah permasalahan yang sifatnya kompleks dan dibutuhkan tindakan kepala sekolah secara komprehensif. Permasalahan tersebut dapat diangkat dari hasil potret mutu pendidikan, hasil akreditasi sekolah atau kajian kepala sekolah berupa data empiris 8 standar nasional yang bisa dipertanggungjawabkan, misalnya: 80% guru di sekolah tidak pernah menulis karya ilmiah sebagai kegiatan pengembangan diri sehingga kenaikan pangkatnya terhambat. Sesi tanya jawab beberapa kepala sekolah menayakan tentang Rencana Kegiatan Jangka Menengah (RKJM) yang dilaksakan oleh kepala sekolah dan beberapa hal terkait manajerial kepala sekolah. Acara virtual meeting ini berakhir pada pukul 11.30 WIB.