K3TK dan KKG Kecamatan Selogiri Kupas Tuntas Silabus

Kelompok Kerja Kepala Taman Kanak – Kanak (K3TK) dan Kelompok Kerja Guru  (KKG) Kecamatan Selogiri di masa pandemi Covid-19 ini menyelenggarakan kegiatan virtual meeting dengan materi pengembangan silabus (Rabu, 31/03/2021). Bertindak sebagai  narasumber, Karyati Kepala Sekolah di TK Negeri Selogiri  sekaligus sebagai ketua K3TK Kecamatan Selogiri. Kegiatan diikuti oleh seluruh kepala sekolah dan semua guru TK se-Kecamatan Selogiri baik PNS maupun Non PNS, dengan  host Yuli  Maryani dan moderator Heni Nurdiah.

Acara virtual meeting diawali laporan kegiatan K3TK dan KKG oleh Esti Budiati selaku Ketua KKG. Sebelum memulai kegiatan ada sambutan dari Sutarni selaku Pengawas TK dan Praptiningsih selaku Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Selogiri. Dalam sambutannya Praptiningsih menyampaikan bahwa kepala sekolah supaya meningkatan kompetensi yang harus dimiliki oleh kepala sekolah. Kepala sekolah dan guru supaya mengikuti kegiatan –  kegiatan yang ada di KKG dan K3TK.

Acara inti tentang pengembangan silabus, narasumber menyampaikan beberapa poin penting yaitu silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar. Penyusunan silabus di lembaga berdasarkan evaluasi pembelajaran tahun sebelumnya yang para guru sajikan di sekolah. Berdasarkan hasil evaluasi didiskusikan dengan semua warga sekolah supaya ada perubahan inovasi untuk kemajuan lembaga dan semua warga sekolah. Silabus bertujuan untuk acuan guru dalam menyusun dan mengembangkan  pembelajaran 6 bidang, sebagai acuan tenaga  kependidikan menyusun, membuat dan mengembangkan perencanaan silabus. Pedoman pengembangan silabus yaitu program semester, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) dan asesmen / penilaian.  Dalam menentukan tema hendaknya  memperhatikan prinsip-prinsip kedekatan proximity, kesederhanaan simple, kemenarikan interested, dan kesesuaian / relevan.

Setelah pemaparan materi selesai, berikutnya adalah sesi tanya jawab yang dipimpin oleh moderator, ada beberapa guru yang bertanya apakah program semester yang sudah dituangkan di RPPM apabila terjadi kendala di tengah – tengah tahun pelajaran bisa diganti. Usai tanya jawab dikhiri dengan kesmpulan  materi. Kegiatan K3TK dan KKG ditutup pukul 10.30 WIB.