K3S Virtual Purwantoro Angkat Tema “Kompetensi Kewirausahaan”

Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Purwantoro menyelenggarakan K3S secara virtual menggunakan Microsoft Teams ( Jum’at, 26 Februari 2021 ). Kegiatan ini diikuti oleh pengawas dan semua kepala sekolah di Kecamatan Purwantoro. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keprofesionalan melalui pemberdayaan K3S, dan secara khusus memberi kesempatan kepada anggota untuk berbagi pengalaman. K3S virtual ini dibuka oleh Sri Sutantini yang bertugas sebagai host. Pada pra acara host mengecek kesiapan peserta K3S virtual pada semua titik. Kegiatan dimulai tepat pukul 09.00 WIB. Daryanti selaku moderator memandu jalannya acara. Selanjutnya peserta kegiatan mengikuti acara dari pangkalan  SD masing-masing.

Acara selanjutnya Ketua K3S Kecamatan Purwantoro, Warsino memberikan sambutan. Dalam sambutannya Beliau mengucapkan terima kasih kepada pengurus K3S dan semua yang hadir menyukseskan kegiatan ini sehingga K3S bisa berjalan lancar. Beliau juga menyampaikan informasi kedinasan antara lain berkenaan dengan Ujian Sekolah yang pelaksanaannya tanggal 26 sampai 30 April, selanjutnya  tiap sekolah mohon update data dapodik, jika sudah update artinya peserta didik tidak bisa mutasi, ada temuan data dapodik tidak valid dengan yang di kementerian mohon operator dilihat kembali, Ijasah sangat minim  mohon untuk penulisan lebih hati-hati. Beliau juga memberikan motivasi kepada semua anggota agar selalu aktif mengikuti kegiatan meski masih di masa pandemi.  Di akhir sambutan Beliau menyampaikan jika materi pada hari ini sesuai dengan salah satu kompetensi kepala sekolah sehingga diharapkan semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Suwardi yang merupakan kepala sekolah SDN 2 Sumber Kecamatan Purwantoro. Beliau memaparkan materi mengenai “Kompetensi Kewirausahaan” yang harus dimiliki oleh Kepala Sekolah.  Khsusus untuk Kompetensi Kewirausahaan, banyak diantara Kepala Sekolah yang memahaminya sebagai kompetensi menghasilkan uang/bisnis. Upaya kepala sekolah dalam menerapkan jiwa kewirausahaan di sekolah yaitu menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah, melakukan kegiatan dalam upaya mencapai keberhasilan sekolah sebagai organisasi pembelajar yang efektif, memotivasi guru dan tenaga kependidikan untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, memotivasi peserta didik untuk sukses dalam prestasi akademik dan non akademik, dan mengembangkan pengelolaan kegiatan produksi sekolah sebagai sumber belajar peserta didik.

Pada akhir acara, dibuka sesi tanya jawab antara narasumber dengan para peserta. Mereka berdiskusi dipandu oleh moderator dengan berbagi pengalaman masing-masing. Diharapkan semua peserta bisa lebih memahami materi yang disampaikan untuk diterapkan di sekolah masing-masing. Meskipun sempat terkendala jaringan internet yang kurang lancar, namun para peserta begitu antusias mengikuti kegiatan K3S virtual ini sampai selesai. Dengan materi ini diharapkan dapat membantu kepala sekolah dalam pengelolaan pendidikan di sekolah secara optimal.