K3S Sidoharjo Sukses Gelar Rapat Virtual

Sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan pada Masa Penularan Covid-19 dan Surat Edaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Nomor: 420 / 1623 tentang Kelanjutan Kegiatan Kelompok Kerja baik KKG maupun K3S di masa Pandemi Covid-19, maka kegiatan guru dan siswa dilakukan secara daring atau online. Menyikapi hal tersebut, Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Sidoharjo menggelar rapat virtual di masa pandemi.

Kepala Sekolah dan guru dihadapkan masalah baru. Penyebaran Covid-19 menuntut para guru untuk tetap belajar pada hal baru yaitu pemanfaatan teknologi untuk mendukung tugasnya. Kenyataan sekarang menunjukkan bahwa teknologi mustahil kita dapat melsanakan tugas kita. K3S dan Forum KKG Kecamatan Sidoharjo telah melaksanakan pelatihan kepada para guru tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran.

Kegiatan tersebut tentunya memerlukan pantauan dari kepala sekolah agar hasilnya dapat maksimal. Melalui K3S, kepala sekolah melaksanakan pemantauan kegiatan tersebut dengan memanfaatkan aplikasi Webex. Pertemuan perdana digelar tanggal 14 Mei 2020, dengan pemateri Hendriyawati, M.Pd., Pengawas Sekolah Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Sidoharjo yang menyampaikan materi “Peran Kepala Sekolah dalam Supervisi pada Masa Pandemi Covid-19”. Para kepala sekolah sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Bagi mereka, ada rasa penasaran Ketika mereka harus menggunakan teknologi pada rapat tersebut, hal yang tidak terbiasa dilakukan sebelum masa pandemi.

Pertemuan kedua digelar pada tanggal 20 Mei 2020. Kali ini, Drs. Sukar, M.Pd., Pengawas Sekolah Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Sidoharjo menyampaikan materi “Perubahan Rencana Kerja Kepala Sekolah dalam Masa Pandemi Covid-19”.

“Kepala sekolah di Sidoharjo harus lebih tanggap dan proaktif terhadap kemajuan Pendidikan di era digital. Pandemi Covid-19 telah membuka mata kita bahwa transformasi Pendidikan itu sudah dekat. Kepala sekolah juga harus membuat program sekolah dalam masa pandemi, dan harus ada dokumen untuk dilaporkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri”, terang Drs. Sukar, M.Pd.

Program kegiatan K3S Sidoharjo di masa pandemi Covid-19 ini tetap akan dilaksanakan secara daring. Melalui kegiatan ini kepala sekolah dapat menyampaikan permasalahan dan hambatan yang dihadapi di sekolahnya tanpa bertatap muka sehingga dapat ditemukan solusi terbaik untuk kemajuan Pendidikan khususnya di Kecamatan Sidoharjo.