Jamasan Pusaka dan Ruwatan Masal

Jamasan Pusaka dan Ruwatan Massal merupakan salah satu rangkaian kegiatan aktualisasi adat dan kebudayaan daerah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Wonogiri.

Dilaksakan pada hari Minggu, tanggal 15 September 2019 bertempat di Obyek Wisata Waduk Mungkur Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri.

Jamasan Pusaka di laksanakan oleh pihak  Mangkunegaran Surakarta. Acara ini, diawali dengan kirab tujuh buah pusaka yang diambil dari tiga tempat penyimpanan. Terdiri atas 3 pusaka, yakni Keris Kiai Karawelang bersama dua tombak (Kiai Totok dan Kiai Jolodoro) dari tempat penyimpanannya di Monumen Tugu Selogiri. Disusul masing-masing dua pusaka terdiri atas Keris Kiai Semar Tinandu dan Timbak Kiai Limpung dari rumah pusaka Bubakan, Girimato beserta dua pusaka Kiai Alap-alap dan Kiai Bancak dari rumah pusaka Kaliwerak Wonogiri.

Sedangkan Ruwatan massal di laksanakan oleh dalang Ki Suyati dari Eromoko. Ruwatan massal yang diikuti 29 anak penyandang sukerta, terdiri atas 17 pria dan 12 wanita baik dari Kabupaten Wonogiri maupun dari Luar Kabupaten Wonogiri.