Serunya Jaksa Masuk Sekolah di SMPN 1 Wonogiri   

Kejaksanaan Negeri Wonogiri melaksanakan kegiatan Jaksa Masuk Sekolah di SMP Negeri 1 Wonogiri pada Selasa, 22 Februari 2022. Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB dipandu oleh Guru PAI SMPN 1 Wonogiri, Annisa Nur Rosida. Kegiatan ini sebagai langkah nyata pengenalan hukum sejak dini sekaligus sebagai wujud nyata kinerja pemerintah melalui program Nawa Cita yang berbunyi “Melakukan revolusi karakter bangsa melalui kebijakan penataan kembali kurikulum pendidikan nasional dengan mengedepankan aspek pendidikan kewarganegaraan, yang menempatkan secara proporsional aspek pendidikan, seperti pengajaran sejarah pembentukan bangsa, nilai-nilai patriotisme dan cinta Tanah Air, semangat bela negara dan budi pekerti di dalam kurikulum pendidikan Indonesia”, perlu didukung dan dilaksanakan melalui langkah strategis dan efektif.Salah satu langkah dalam mewujudkan revolusi karakter bangsa bidang pendidikan adalah melalui Penerangan Hukum dan Penyuluhan Hukum sebagai bagian tugas dan fungsi Kejaksaan Negeri Kabupaten Wonogiri dengan terlaksananya Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS). Tujuan program JMS adalah untuk melakukan pencegahan terjadinya tindak pidana dengan cara pengenalan hukum serta pembinaan hukum sejak dini agar nantinya pelajar-pelajar tersebut tidak tersangkut permasalahan yang berkaitan dengan hukum.Tujuan program JMS adalah untuk melakukan pencegahan terjadinya tindak pidana dengan cara pengenalan hukum serta pembinaan hukum sejak dini agar nantinya pelajar-pelajar tersebut tidak tersangkut permasalahan yang berkaitan dengan hukum.Tujuan program JMS adalah untuk melakukan pencegahan terjadinya tindak pidana dengan cara pengenalan hukum serta pembinaan hukum sejak dini agar nantinya pelajar-pelajar tersebut tidak tersangkut permasalahan yang berkaitan dengan hukum.

Jaksa Masuk Sekolah

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Yuli Bangun Nursanti, menyampaikan harapan semoga Program JMS tahun 2022 ini mendapatkan output/outcome yang baik dan terbentuk kepribadian yang diharapkan sebagaimana Profil Pelajar Pancasila. Sambutan berikutnya sekaligus pembukaan program JMS disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Wonogiri, Tailani Moehsad. “Kami melakukan penyuluhan hukum di SMP Negeri 1 Wonogiri dengan harapan pelajar SMP Negeri 1 Wonogiri senantiasa mengerti dan memahami tentang hukum dan permasalahannya. Harapannya adik-adik pelajar mentaati hukum dan tata tertib, dan berperilaku yang tidak melanggar hukum” kata Tailani Moehsad.

Jaksa Masuk Sekolah

Kegiatan penyuluhan hukum ditanggapi cukup antusias. Hal itu dilihat dari beberapa pertanyaan yang diajukan oleh 5 siswa mengenai permasalahan hukum. Kepala SMPN 1 Wonogiri, Sri Nuryati dan Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Gino, turut hadir dan menyambut baik kegiatan tersebut.