Implementasi Sekolah Digital di SMPN 1 Ngadirojo

Berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri nomor 420/182 yang ditetapkan pada tanggal 15 Desember 2020, SMPN 1 Ngadirojo ditunjuk sebagai sekolah piloting pemanfaatan office 365 untuk pembelajaran. Pada awal masuk semester genap tahun pelajaran 2020/2021 hari Sabtu, 2 Januari 2021 program sekolah digital ini telah disosialisasikan kepada seluruh guru, karyawan, peserta didik, dan orang tua melalui streaming youtube. Program sekolah ini bisa dimengerti dan dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah dengan sebaik-baiknya untuk mendukung proses pembelajaran jarak jauh yang akan dilaksanakan di semester genap ini.

Untuk mendukung pelaksanaan program tersebut Dinas Pendidiakan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri pada tanggal 17 – 29 Desember 2020 telah menyelenggarakan diklat pemanfaatan office 365 bagi piloting sekolah digital yang diikuti oleh Pudi Sri Maryatmo, S.Pd, Antonius Darto Saputro, S.Pd, Lusita Indriaswati S.Pd, Herma Rusdianawati, S.Psi, Agustina Pujiastuti, S.Pust, yang merupakan Tim IT office 365 di SMPN 1 Ngadirojo, maka Kepala sekolah Hartanto, S.Pd., M.Pd melakukan program pelatihan dan pendampingan kepada seluruh guru di SMPN 1 Ngadirojo.

Rencana program ini dilaksanakan 4 kali pendampingan secara luring dan daring. Pada pendampingan pertama dilaksanakan pada hari Selasa, 5 Januari 2021. Pada kegiatan daring memanfaatkan Microsoft Teams dalam melakukan meeting room yang diikuti oleh seluruh guru di SMPN 1 Ngadirojo. Diawali oleh Sutarjo, S.Pd.,M.Pd selaku host dan presenter yang menyampikan kegiatan pelatihan ini dilaksanakan secara luring dan daring dan mengedepankan protokol kesehatan.

Pada kesempatan ini Hartanto, S.Pd.,M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, maka seluruh warga sekolah diharapkan mendukung kegiatan ini dan melaksanakan secara maksimal. ”Program ini dalam rangka pertanggungjawaban kita kepada orang tua dan masyarakat, serta dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik” tegas Hartanto, S.Pd., M.Pd.

Di akhir sambutan Hartanto, S.Pd.,M.Pd mengucapkan terimakasih kepada narasumber dan warga SMPN 1 Ngadirojo telah mengikuti kegiatan tersebut baik secara luring maupun daring.

Materi selajutnya disampikan oleh Pudi Sri Maryatmo, S.Pd. Pada kesempatan ini narasumber memandu proses aktivasi akun guru pada Mobile Exampro, melihat data presensi peserta didik dan mendownload hasil presensi tiap harinya baik dioperasikan di komputer dan di handphone. Seluruh guru diminta untuk mempraktekkan, sehingga dalam mengisi jurnal guru dalam pembelajaran jarak jauh data kehadiran peserta didik mengacu pada absensi di mobile exampro.

Kegiatan pendampingan ke-2 dilaksanakan secara luring dan daring pada hari senin 11 januari 2021. Pada kegiatan ini Lusita Indriaswati, S.Pd selaku narasumber menyampikan materi cara membuat pengumuman, soal online dan memberikan skor pada pelanggaran serta pencatatan prestasi peserta didik. Kegiatan berlangsung dengan lancar dengan adanya interaktif dengan aktifnya peserta yang menanyakan materi baik secara daring dan luring. Narasumber menjawab pertanyaan dengan jelas sehingga peserta memahami dan mempraktekkan di Apliaksi Mobile Exampro.

Kegiatan pendampingan ke-3 dilaksanakan secara luring dan daring dan tetap mengedepankan protokol kesehatan, yang dilaksanakan pada hari Selasa, 12 Januari 2021. Sebelum pendampingan ke tiga ini dimulai Sri Haryani, S.Sos. selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan menyampikan tata tertib peserta didik yang di gunakan dalam proses pembelajaran jarak jauh terintegrasi dengan aplikasi mobile exampro, dijelaskan juga hasil evaluasi peserta didik selama 1 minggu dalam melakukan presensi swafoto selfie pada apliaksi tersebut yang sudah mencapai 80%. Sri Haryani, Sos menekankan kepada seluruh guru untuk selalu mengingatkan kepada peserta didik untuk setiap harinya untuk melakukan absensi di aplikasi Exampro, melakukan pembelajaran Vicon dan penugasan di Aplikasi Teams.

Selajutnya Antonius Darto Saputro, S.Pd selaku narasumber pada pendampingan ke tiga menyampikan materi Sway dan class notebookSway ini merupakan aplikasi dari Microsoft Office yang memudahkan kita sebagai guru dalam presentasi yang interaktif, serta banyak hal lainnya. Dengan Sway tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk pemformatan. Mesin desain bawaan akan membantu menyempurnakan kreasi.

Lalu untuk class notebook sendiri merupakan buku catatan digital yang memungkinkan seorang guru untuk lebih mengenal karakter siswa secara individu. Kegiatan ini juga berlangsung sangat komunikatif dan interaktif. Peserta kegiatan ini menanyakan kepada narasumber baik secara daring dan luring. Narasumber menjawab pertanyaan dengan disertai contoh-contoh yang dipraktekkan dengan jelas sehingga peserta dapat mengikuti dengan baik.

Dari hasil pendampingan 1, 2 dan 3 seluruh guru diminta mengerjakan tugas sesuai petunjuk yang telah disampikan narasumber.  Lalu di rencanakan pada pendampingan ke-4 yang akan dilaksanakan pada minggu ke-3 bulan januari 2021 yang merupakan pendampingan terakhir akan ada diseminasi dari guru yang telah melakukan hasil praktek yang telah ditugaskan.

Dari hasil pelatihan yang dilaksanakan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kemampuan guru dalam pengelolaan kelas berbasis office 365, meningkatkan kualitas proses pembelajaran berbasis office 365, meningkatkan kompetensi guru dalam penilaian pembelajaran berbasis office 365, meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun bahan ajar online interaktif berbasis office 365, meningkatkan kemampuan guru dan tenaga kependidikan dalam pengelolaan administrasi sekolah berbasis office 365, dan meningkatkan layanan informasi sekolah kepada orang tua siswa dan masyarakat.