Hari Kebangkitan Nasional Purwantoro Gelar KKG Virtual

Guru profesional adalah guru yang mampu mengembangkan empat kompetensi guru yang sudah ditetapkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. Salah satu peningkatan kompetensi profesional yaitu dengan mengikuti KKG secara daring. Di era Pandemi Covid-19 sesuai anjuran presiden untuk Kerja dari Rumah, Belajar dari Rumah, Ibadah di Rumah, Forum KKG Kecamatan Purwantoro mengadakan peningkatan kompetensi guru yang dilakukan melalui pertemuan secara virtual dengan memanfaatkan Meeting online Cisco Webex. Peserta kegiatan ini adalah KKG Guru PAI, KKG Guru Penjasorkes, KKG Gugus Hasanudin, KKG Gugus Teuku Umar, KKG Gugus Ngurah Rai dan KKG Gugus Diponegoro. Pelaksanaan kegiatan hari Rabu, 20 Mei 2020 bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional dengan materi Pendidikan Karakter dan Penyusunan Video.

Pada awal kegiatan Sri Hartono S.Pd.,M.Pd selaku Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Purwantoro dalam sambutanya memberikan motivasi serta mengucapkan terima kasih kepada semua panitia penyelenggara dan semua pihak yang telah membantu termasuk tim pengembang konten pendidikan Kabupaten Wonogiri. Harapannya semoga para guru lebih berkualitas, lebih cerdas, mampu berinovasi dalam mengahadapi pandemik ini. Harapan untuk siswa juga bisa lebih meningkatkan potensinya, misalnya membuat video kreatif, menggiatkan kegiatan literasi meskipun mereka belajar dari rumah.
Pada penyampaian materi pertama oleh Daryanti S.Pd.SD, Guru SDN 1 Sukomangu mengupas tentang pendidikan karakter. Pendidikan karakter merupakan aspek yang penting bagi generasi penerus. Saat karakter-karakter baik mulai terbentuk dalam diri siswa, pengendalian diri siswa terhadap pengambilan keputusan tentang sesuatu yang benar dan salahpun sudah mulai berkembang dan tertanam di dalam dirinya. Keteladanan Kepala Sekolah, Guru, dan Orang tua sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter siswa. Dilanjut materi oleh Tijan Purnomo, S.Pd.I,M.Pd.I, Guru PAI SDN I Gondang yang menjelaskan penyusunan video karakter. Materi sangat menarik karena mudah dipahami serta merupakan materi baru bagi sebagian besar guru. Para Guru bisa mengimplementasikan langsung dikarenakan alat pembuatan video cenderung sudah dimiliki oleh guru. Guru dapat membuat video hanya bermodalkan smartphone saja.


Pada sesi tanya jawab berlangsung secara interaktif antara peserta dengan narasumber. Para peserta sangat antusias karena ada pemberian dorprize pulsa sebesar Rp 20.000,- bagi peserta yang aktif. Pada akhir acara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri, Dr.Dra.Yuli Bangun Nursanti, M.Pd,. menyempatkan hadir di tengah kesibukanya dalam pertemuan virtual ini. Beliau sangat mengapresiasi dan memberikan motivasi kepada semua guru untuk lebih meningkatkan kompetensinya. Pertemuan virtual perdana ini akan dilanjutkan dengan agenda KKG Daring selanjutnya. Semoga kita masih tetap semangat untuk memajukan pendidikan karena “ Pendidikan adalah senjata untuk mengubah dunia “ (Nelson Mandela).
(SR)