Hadirkan Para Pakar, MKKS SMP 03 Gelar Workshop Penelitian Tindakan Sekolah

Diawali tanggal 29 Februari 2020, bertempat di SMP Negeri 1 Girirwoyo berkumpul puluhan KS SMP se-Subrayon 03 yang semuanya terlibat aktif dalam workshop penulisan Penelitian Tindakan Sekolah. Tergabung dalam gugus kerja Subrayon 03, tetapi atas prakarsa tim panitia yang dikomandoi kepala sekolah mbeling, Ki Parman Hanief, kegiatan itu diperluas untuk seluruh kepala sekolah se-Wonogiri. “Semua kepala sekolah membutuhkan ini. Mereka yang telah mencapai golongan IV/b tentu berkeinginan untuk naik ke IV/c. Namun, kami tetap hanya menawarkan secara personal jika Anda mau, mari bergabung dengan kami dalam kegiatan ini. Alhadulillaah, banyak teman yang menyambut ajakan kami. Dan ini membuat kami sangat senang” paparnya dengan santai. 

Kegiatan yang secara seremonial dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Wonogiri, Dr. Dra. Yuli Bangun Nursanti. M.Pd dan juga dihadiri Kepala Bidang PTK,  Retno Puspito Rini, S.H., M.Hum itu menghadirkan pakar-pakar yang kompeten di bidangnya, diantaranya adalah Mas Rija dari LPMP Jawa Tengah, Dr. Suyatno, M.Hum, dan dua orang doktor dari UNS Solo, Dr. Winarno, M.Pd dan  Cucuk Wawan Budiyanto, S.T., Ph.D. Dalam kegiatan itu juga disambangi oleh Kasi PTK SMP, Tarmo, S.Pd., M.Pd yang turut memberi suport dalam menjaga kualitas kegiatan dan hasil workshop.

“Untuk yang LPMP, kita ‘kan maklum bahwa dalam tradisi karya ilmiah ada istilah kaidah selingkung. Dan bukankah untuk jenjang IV/c tim penilai adalah dari pusat yang secara teknis dilaksanakan di LPMP. Maka menjadi relevan jika kami menghadirkan pakarnya dari lingkungan LPMP Jawa Tengah. Selanjutnya yang dari perguruan tinggi kami minta kerjasamanya untuk bisa memberi ruang karya tulis Kepala Sekolah dan para guru di jurnal kampus. Dengan begitu, kita ‘kan harus tahu persyaratan baik syarat teknik maupun akademiknya. Dan alhamdulillah, bahkan saya bisa menawarkan kepada dua orang doktor itu dengan jawaban bersedia atau mau, dan mereka menjawab siap!” paparnya sambil tertawa dengan menggaruk gondrongnya yang menjadi guyonan khas teles kebes dikumbah dg ala Kadinas P & K Kabupaten saat pembukaan itu.

Jadi, dalam penjelasan berikutnya bahwa secara teknik kegiatan itu dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok IV/b yang dibimbing Mas Rija dari LPMP dan Kelas IV/a yang dipimpin dan dibimbing oleh Dr. Suyatno, M.Hum; Pengawas Sekolah dari Dinas P & K Kabupaten Wonogiri.