Gugus Yudistira Selogiri Kupas  Materi Penilaian PJJ (Sesi I)

Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Yudistira Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Selogiri menggelar pertemuan rutin KKG pada Sabtu, 17 April 2021. Kegiatan yang ke-10 ini dilaksanakan secara daring/virtual dengan menggunakan platform Microsoft Teams yang diikuti oleh seluruh Guru Kelas Gugus Yudistira Kecamatan Selogiri baik guru PNS, PPPK maupun GTT.

Pada kesempatan kali ini,  Dwi Hartanto bertugas selaku Host dan Harry Wibowo selaku Moderator. Tepat pukul 09.15 WIB Host  mengawali kegiatan dengan menyapa para peserta yang masuk meeting room sekaligus menyampaikan tata tertib kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan susunan acara. Kemudian Host mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan bagi yang menjalankannya serta ucapan selamat datang kepada Narasumber yang sudah bergabung ke dalam meeting room serta tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Narasumber dan semua pihak yang sudah mendukung kegiatan video conference KKG Yudistira Kecamatan Selogiri sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan lancar, dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan serta wawasan guru dalam bidang IT khususnya untuk menunjang Sistem Pembelajaran Jarak Jauh dimasa pandemi ini.

Pukul 09.30 WIB, dilanjutkan penyampaian materi oleh Nina Widyaningsih. Beliau adalah Dosen FBSI FKIP UPY Yogyakarta, menyampaikan perbedaan antara Penilaian (Assesment) dengan evaluasi, dilanjutkan Skema Teknik Penilaian Berdasarkan Ranah Penilaian, Skema Teknik Penilaian Berdasarkan Ranah Penilaian, Klasifikasi Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumen, Konsep Penilaian Autentik, Aspek Penilaian, Penilaian Kognitif, Penilaian Afektif, Penilaian Psikomotorik, dan isi Seminar BK UPY bersama Kak Seto beberapa waktu lalu yang intinya, karena anak terpaksa tetap belajar di rumah sehingga pembelajaran daring menjadi salah satu solusi dimasa pandemi dengan maksud memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa tanpa terbebani adanya tuntutan kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan dan bagaimana menciptakan suasana belajar efektif  yang menggembirakan. Dilanjutkan dengan memberikan contoh sistem penilaian pembelajaran yang memuat satuan pendidikan, kelas, tema, muatan mata pelajaran, Kompetensi Dasar dan waktu pelaksanaan.

 

Narasumber kali ini juga sangat cerdas dalam memancing respon ke-47 peserta supaya senantiasa aktif dalam mengikuti KKG Virtual step by step dengan lancar dengan menampilkan platform pihak kedua yaitu Quizizz. Dengan dipandu oleh Moderator, Narasumber menjelaskan langkah-langkah serta kegunaan fitur-fitur yang terkandung di dalamnya juga cara mempublikasikan ke siswa-siswi untuk memulai penilaian jarak jauh serta cara-cara bagaimana memantau proses penilaian dan mengambil hasil penilaian melalui Quizizz tadi. Sebagai klimaksnya, Narasumber membagikan link quizizz di WA Grup Yudistira sebagai simulasi yang nantinya siswa juga ikut serta aktif mengerjakan soal-soal pelajaran dalam bentuk pilihan ganda, isian, uraian dan sebagainya yang tampilannya nanti mirip game sehingga dapat memacu motivasi semangat siswa dalam penilaian jarak jauh. Semua peserta KKG Virtual yang mengikuti simulasi juga menjadi bersemangat layaknya siswa-siswinya kelak. Kegiatan KKG Virtual kali ini diisi pula dengan beberapa pertanyaan dari peserta yang membuat meeting conference menjadi lebih hidup dan bermanfaat.

Pada akhir sesi, peserta melakukan presensi dengan mengisi form melalui link yang telah dibagikan. Semoga kegiatan KKG Gugus Yudistira Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Selogiri Tahun 2021 yang dikemas dalam bentuk video conference ini dapat memacu motivasi para guru mewujudkan Tuntutan Guru Profesional dan Guru Bermutu dimasa pandemi khususnya untuk menuju Indonesia Digital Learning.