Gugus Muhammad Syafei Jatisrono Gelar KKG Paket 3

Menyambut bulan Syawal 1443 H, KKG Gugus Muh. Syafei selenggarakan Halal bi Halal sekaligus melanjutkan KKG yang telah sampai pada Paket 3 dengan materi Pemantapan TIK. Kegiatan dilaksanakan di SD Negeri 2 Jatisrono sebagai SD Induk Gugus Muh. Syafei Kamis, 12 Mei 2022 hari keempat setelah kegiatan sekolah kembali digelar 100% PTM.

Doa bersama dilaksanakan untuk mengawali kegiatan KKG dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Endang Suwarti selaku Master of Ceremony memimpin seluruh rangkaian kegiatan. Acara Halal bi Halal dilaksanakan secara ringkas mengingat waktu yang terbatas dengan dibacakannya ikrar Halal bi Halal oleh Joko Wardoyo selaku Ketua 2 KKG. Dalam ikrarnya, Joko menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri bagi yang merayakan dan menyampaikan permohonan maaf untuk segala perbuatan salah dan khilaf yang telah dilakukan. Tanggapan atas ikrar disampaikan oleh Sri Temu Ketua Gugus Muh. Syafei dengan menyampaikan bahwa agar semua yang hadir bisa saling memaafkan agar kekeluargaan Gugus Muh. Syafei semakin erat terjalin.

Paiman, selaku Korwilbidikcam Jatisrono dalam sambutan menyampaikan bahwasanya Halal bi Halal merupakan sebuah kesempatan emas agar semua insan bisa menjadi insan yang madani dan kembali suci atau fitrah. Tak lupa beliau menyampaikan berbagai teknis persiapan kegiatan yang harus segera dilaksanakan dalam waktu dekat seperti pelaksanaan peringatan Hardiknas dengan melakukan upacara bendera serentak di seluruh satuan pendidikan kabupaten Wonogiri dengan menggunakan busana adat daerah Jum’at, 13 Mei 2022. Acara dapat dimeriahkan dengan berbagai cara, Dinas Pendidikan memberikan keleluasaan penuh kepada satuan pendidikan untuk menyelenggarakan kegiatan sesuai kemampuan dan kreatifitas masing-masing. Beliau juga menyampaikan beberapa materi terkait persiapan peringatan HUT Kabupaten Wonogiri 19 Mei 2022 mendatang. Beliau berharap seluruh pihak yang terkait dapat mendukung demi kelancaran dan kesuksesan kegiatan tersebut.

Sebelum kegiatan inti KKG Pemantapan TIK melalui pemanfaatan akun belajar.id, acara diselingi dengan ice breaking sejenak oleh Parno Kepala SD Negeri Krandegan. Dalam ice breakingnya Parno mengajak peserta KKG menyanyikan tembang macapat Dhandhanggula tentang watak tembang. Sontak seluruh anggota larut dalam keseruan tersebut.

Acara inti pemanfaatan akun belajar.id disampaikan oleh kolaborasi dua Google Certified Educator dari Jatisrono Yozza Bagus Kuncoro dan Siti Nurjanah. Dalam paparan materinya beliau berdua selain memberikan teori juga mengajak anggota KKG untuk praktik langsung agar ilmu yang didapat bisa langsung berguna dalam menyelesaikan tugas sehari-hari. Akun belajar.id kedepan akan dijadikan SSO (Single Sign On) dalam mengakses berbagai fasilitas yang disediakan kemdikbud seperti misalnya SIMPKB atau laman Guru Penggerak. Sehingga seluruh guru tidak sampai kehilangan akun atau passwordnya.

Kegiatan KKG ditutup dengan menyanyikan tembang macapat Dhandhanggula, dilanjutkan menyanyikan lagu Bagimu Negri dan berdoa bersama.