Gugus Menur Kecamatan Wonogiri Gelar KKG Virtual Sosialisasi   e-Raport Part 3

Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Menur Kecamatan Wonogiri, sukses menyelenggarakan kegiatan bersama secara virtual dengan tema penggunaan aplikasi e-rapor. Pelatihan Teknis penggunaan e-rapor sesi 3 ini dilakukan pada Rabu, 7 April 2021 melalui Zoom. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan sesi 1 dan sesi 2 yang diikuti oleh guru kelas di Gugus Menur Kecamatan Wonogiri. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberi pemantapan materi dalam menggunakan aplikasi e-rapor. Kegiatan dibuka oleh Destarita Wibriana, sebagai host dan dipandu Sri Untari, sebagai moderator. Kegiatan daring dimulai pada pukul 08.30 WIB. Destarita Wibriana, yang bertugas sebagai host mengawali kegiatan dengan menyapa para peserta, memimpin do’a dan menyanyikan lagu Indonesia Raya

Kegiatan pelatihan penggunaan e-rapor secara virtual ini menghadirkan narasumber Joko Susilo, guru SD Negeri 1 Pelem Jatisrono. Materi yang disampaikan yaitu tentang pemantapan materi e-Rapor SD bagi guru dan wali kelas dengan mengulang kembali bagaimana cara pemetaan kompetensi dasar dan perencanaan penilaian. Hal ini ditekankan oleh Joko Susilo, dalam mengawali acara inti untuk kembali memperhatikan dalam pemetaan KD di setiap mata pelajaran. Penginputan kompetensi dasar dilaksanakan oleh masing-masing guru baik guru kelas maupun guru mata pelajaran. Sedangkan untuk penginputan nilai bisa dilakukan dari import nilai. Unduh terlebih dahulu format penilaian melalui aplikasi e-rapor, kemudian isi sesuai perencanaan penilaian yang akan dilakukan secara manual dan kemudian di eksport ke dalam aplikasi e-rapor. Beliau memaparkan tahap perencanaan penilaian merupakan lanjutan tahap pada pemetaan kompetensi dasar. Dalam perencanaan penilaian ini kita bisa memilih sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing. Begitu juga dalam penulisan diskripsi hasil e-rapor dapat disesuaikan dengan kompetensi dasar yang tidak melebihi dari 60 suku kata dalam uraian deskripsinya.

Setelah paparan dari narasumber selesai, Destarita Wibriana, memandu sesi tanya jawab. Beberapa peserta ada yang mengajukan pertanyaan, memberikan masukkan atau usulan yang ditujukan kepada narasumber.

Pada sesi penutup, moderator menyampaikan kesimpulan dari rangkaian acara yang telah dilaksanakan maupun agenda kegiatan pada pertemuan selanjutnya. Sebelum mengakhiri pertemuan, host mengingatkan kepada para peserta untuk mengisi form Daftar Hadir melalui link yang sudah dibagikan. Selanjutnya, peserta diminta mengaktifkan video untuk foto bersama

untuk pendokumentasian kegiatan. Semoga semangat kebersamaan dan kegotongroyongan melalui kegiatan kolektif guru ini semakin meningkat demi terwujudnya peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Wonogiri.