Gugus Menur Gelar KKG dengan Tema Penelitian Tindakan Kelas

Kelompok Kerja Guru Gugus Menur Kecamatan Wonogiri mengadakan kegiatan secara daring dengan menggunakan google meet. Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu, 21 Mei 2022 ini diikuti oleh semua guru kelas di lingkungan Gugus Menur. Kegiatan diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari 8 SD yaitu SDN Wonokerto 1, SDN Wonokerto 2, SDN Wonokerto 3, SDN Wonoharjo 1, SDN Wonoharjo 2, SDN Mento 1, SDN Mento 2, dan SDN Ketimang. Kegiatan yang bertema tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dipandu oleh Risti Meingga Wijayanti, narasumber adalah Saryono dan host dalam kegiatan ini adalah Dewitasari. Kegiatan ini dibuka tepat pukul 10.00 oleh host.

Dalam kegiatan ini narasumber menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan Penelitian Tindakan Kelas, mengapa selama Pembelajaran Jarak jauh (PJJ) tidak bisa dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), manfaat PTK, fungsi PTK dan kerangka PTK. Narasumber menjelaskan mengapa selama PJJ tidak bisa dilakukan Penelitian Tindakan Kelas salah satunya yaitu Untuk menilai kinerja siswa tidak terpantau, siswa mengerjakan tidak sama waktunya. Padahal dalam PTK membutuhkan waktu yang sama, tempat yang sama untuk akurasi hasil. Narasumber juga menjelaskan manfaat PTK salah satunya untuk meningkatkan mutu dan pembelajaran di kelas. Fungsi PTK sendiri salah satunya untuk mengetahui masalah-masalah yang timbul di kelas. Narasumber menjelaskan kerangka PTK terdiri dari judul, identitas penulis, pendahuluan, metode, penulisan hasil, pembahasan dan penutup.

Pada sesi tanya jawab, ada beberapa pertanyaan dari peserta. Sri Untari bertandya tentang apakah bisa kita membuat model PTK yang sama dengan model PTK yang dibuat oleh orang lain. Agina Fitri Pratiwi juga bertanya tentang keterkaitan model PTK dengan keterkaitan materi belajar. Setelah narasumber memberikan jawaban, kegiatan ditutup tepat pukul 11.30 WIB.