Gugus Ki Hajar Dewantoro Pracimantoro Gelar KKG Kupas Tuntas AKM

Pandemi Covid-19 di Kabupaten Wonogiri belum berakhir. Hal tersebut membuat kegiatan pembelajaran siswa berskala besar dilakukan secara daring, kegiatan guru dalam peningkatan profesioanilitas juga dilakukan secara daring. Berbagai rapat pun juga dilakukan secara daring, yang sering disebut sebagai video conference (vicon). 

Gugus Ki Hajar Dewantoro Kecamatan Pracimantoro dalam Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dengan materi “Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)” dilakukan secara daring melalui platform Microsoft Teams (Rabu, 9/3/2022). Dimulai pukul 10.00 WIB, diikuti 11 Sekolah Dasar terdiri dari 59 guru kelas di Gugus Ki Hajar Dewantoro Kecamatan Pracimantoro. Kegiatan tersebut  difasilitasi oleh Tim Pengembang Konten Pendidikan dan Pembelajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Kegiatan KKG dipandu oleh Joko Widiastoto dari SD Negeri Duwet, Suci dan sebagai pemateri adalah M. Mustofa Kumbara guru SD Negeri 1 Pracimantoro. 

Setiap guru membuka webinar tersebut dengan gawai atau laptop, tetapi juga ada yang berada di satu titik yaitu di SD karena terkendala sinyal, salah satunya di SD Negeri 1 Gambirmanis dengan menggunakan gawai salah satu guru sebagai modem. Ada tiga SD yang menyelenggarakan secara bersama yaitu SD Negeri 1 Watangrejo, SD Negeri 1 Gambirmanis, dan SD Negeri 2 Gambirmanis.  

Kegiatan KKG di Gugus Ki Hajar Dewantoro mendapat respon positif dari peserta KKG sebagai sarana berbagi pengetahuan dan pengalaman, khususnya mengenai peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan tugas mengajarnya. Pemateri mengutarakan ilmunya dari awal secara jelas sehingga peserta antusias dalam mengikutinya. 

Diakhir sesi, peserta melakukan presensi dengan mengisi form melalui tautan yang telah dibagikan. Semoga kegiatan KKG Gugus Ki Hajar Dewantoro Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Pracimantoro tahun 2022 yang dikemas dalam bentuk video conference  ini dapat memacu para guru mewujudkan tuntutan guru profesional dan guru bermutu.