Gugus Ki Hajar Dewantoro Manyaran Sosialisasikan E-Rapor SD

KKG Gugus Ki Hajar Dewantoro Kecamatan Manyaran menyelenggarakan kegiatan secara virtual dengan materi E-Rapor SD (Rabu, 17/3/2021). Kegiatan ini dipandu Prajana Marwan Sejati sebagai host dan Dwiningsih Mustikawati sebagai moderator. Narasumber KKG kali ini adalah Meirawati Devi Istiarti, Guru SD Negeri 1 Manyaran. Perwakilan guru telah menghadiri sosialisasi E-Rapor SD yang diselenggarakan beberapa minggu lalu. Namun, ada beberapa guru yang tidak mengikut sosialisasi, jadi masih mengalami kesulitan ketika mengisi E-Rapor SD. Untuk menjawab kegelisahan para guru kelas yang baru saja mengenal aplikasi E-Rapor SD, maka Gugus Ki Hajar Dewantoro mewadahi para guru kelas di Gugus Ki Hajar Dewantoro untuk memberikan sosialisasi secara menyeluruh walaupun melalui media daring.

Meirawati sebagai narasumber, menerangkan bahwa E-Rapor SD tidak sulit untuk dipelajari asalkan ada niat dan motivasi di dalam diri untuk belajar. Wajar jika di awal guru merasakan kesulitan pada hal-hal baru, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat para guru untuk belajar. Narasumber menjelaskan dalam E-Rapor SD, guru memiliki wewenang dan tugas seperti memetakan KD (Kompetensi Dasar) dan membuat ringkasan deskripsi KD, menyusun rencana penilaian (pengetahuan, keterampilan, sikap spritual dan sikap sosial), menginput nilai, menginput deskripsi nilai, dan mengirim nilai akhir. Penjelasan narasumber disertai dengan share screen kepada para peserta KKG tentang langkah-langkah melakukan tugas guru dari pemetaan KD, menambah KD yang belum tercantum, sampai cara menginput nilai.

Di akhir sesi salah seorang peserta KKG Kasiyatun mengusulkan untuk menyeragamkan KD setiap kelas di Gugus Ki Hajar Dewantoro, sehingga guru yang mengajar di kelas yang sama dapat saling bekerja sama dan mengomunikasikan kesulitan yang ditemui ketika mengisi E-Rapor SD. Kegiatan dengan materi E-Rapor SD akan dilanjutkan di pertemuan selanjutnya.