Gugus Ki Hajar Dewantoro Manyaran Kupas Tuntas RPP Daring

Gugus Ki Hajar Dewantoro Manyaran menyelenggarakan KKG Sesi 3 secara virtual dengan tema Penyusunan Perangkat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilaksanakan Rabu, 24 Februari 2021 mulai pukul 10.00 WIB. Kegiatan ini didominasi dengan kegiatan diskusi kelompok secara daring. Pada pertemuan daring sebelumnya, peserta KKG dibagi menjadi 6 kelompok untuk menyusun RPP Daring Kelas I-VI. Kegiatan diskusi ini dipandu oleh moderator Erpin Agustina dan host Tenni Puji Lestari. Keksi Sri Rahayu, sebagai narasumber juga turut andil memberikan pengarahan dalam kegiatan diskusi ini.

Pemaparan RPP Daring dilakukan secara urut. Mulai dari RPP Kelas I disusun oleh kelompok yang beranggotakan guru-guru dari SDN 2 Manyaran dan SDN 1 Gunungan. RPP Kelas II disusun oleh guru-guru dari SDN 2 Gunungan. RPP Kelas III disusun oleh guru-guru SDN 3 Manyaran dan SDN 3 Gunungan. RPP Kelas IV disusun oleh guru-guru SDN 4 Manyaran dan SDN 4 Gunungan. RPP Kelas V disusun oleh guru-guru SDN 5 Gunungan. RPP Kelas VI disusun oleh guru-guru SDN 1 Manyaran dan SDN 6 Manyaran. Pemaparan RPP Daring berlangsung dengan baik dan dapat diterima oleh peserta KKG. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa tanggapan dari peserta yang menyimak pemaparan RPP dari peserta guru SD yang lain.

Sebagian besar RPP yang disusun oleh guru-guru dari gugus Ki Hajar Dewantoro, khususnya pada tujuan pembelajaran sudah memenuhi kriteria Audience, Behavior, Condition, dan Degree. Keksi Sri Rahayu, selaku narasumber memberikan saran agar lebih mengkhususkan pada Condition yang dilakukan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Selain itu, Tenni Puji Lestari, memberikan saran dalam penyusunan soal evaluasi pembelajaran sebaiknya lebih bervariasi, tidak pilihan ganda saja. Guru dapat memberikan soal berupa pertanyaan terbuka dan berlevel HOTS kepada peserta didik untuk melatih peserta didik berpikir kreatif.

Salah seorang guru, Prajana Marwan, memberikan tanggapan bahwa RPP Daring yang telah disusun oleh peserta KKG Gugus Ki Hajar Dewantoro sudah bagus dan baik. Alangkah lebih bagusnya apabila pelaksanaan pembelajarannya sesuai dengan rencana yang telah disusun. Guru adalah fasilitator pembelajaran bagi peserta didiknya sehingga guru sebaiknya selalu update dengan informasi terbaru agar tidak ketinggalan zaman serta dapat melebihi pengetahuan umum peserta didik. Karena guru memiliki tanggung jawab untuk mendidik karakter peserta didik dan mengingatkannya agar selalu selektif dengan perkembangan zaman yang semakin pesat ini.