Forum Kelompok Kerja Guru (FKKG) Guru Kelas Kecamatan Jatisrono menyelenggarakan kegiatan vicon perdana dengan materi Silabus dan RPP (PJJ). KKG yang diselenggarakan pada hari Rabu 10 Februari 2021 dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan aplikasi Microsoft Teams. Kegiatan KKG Reguler ini diselenggarakan oleh FKKG Guru Kelas Kecamatan Jatisrono yang diikuti 54 peserta.
Acara dibuka oleh Sugiyono, S.Pd selaku ketua KKG, beliau menyampaikan ucapan syukur dan terima kasih atas terselenggaranya acara ini. Meskipun masih suasana pandemi tetapi tetap semangat melaksanakan KKG secara rutin. Kegiatan ini bertujuan agar dapat menyesuaikan dengan materi dan situasi yang saat ini. Dimasa pandemi guru wajib membuat silabus dan RPP 1 lembar dalam Pembelajaran Jarak Jauk (PJJ).
Drs. Harsono, M.Pd (Korwil Bidikcam Jatisrono) membuka secara resmi KKG perdana Ki Hajar Dewantara. Beliau juga berpesan kegiatan yang sudah diagendakan untuk disesuaikan dan dilaksanakan sesuai program. Ada persiapan dan pelaksanaan, sesuai kondisi sekolah masing-masing.
Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi Silabus dan RPP 1 lembar PJJ oleh Ponco Handono, S.Pd., MM (Ketua Gugus Ki Hajar Dewantara) sebagai narasumber. Materi yang disampaikan mencakup Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, materi pokok, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
Prinsip Pengembangan silabus adalah ilmiah, relevan, sistematis, konsisten, memadai, aktual, kontekstual, fleksibel, dan menyeluruh. Cara mengembangkan kegiatan pembelajaran pada silabus dengan merancang pembelajaran untuk memberikan pengalaman kepada peserta didik dalam rangka pencapaian kompetensi dasar, merancang pembelajaran untuk memberikan pengalaman belajar dengan menggunakan pendekatan belajar yang bervariasi dan berpusat pada siswa, kegiatan pembelajaran memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik secara berurutan untuk mencapai kompetensi dasar, rumusan pernyataan dalam kegiatan pembelajaran minimal mengandung dua unsur penciri, yaitu kegiatan siswa dan materi. Beliau juga menyampaikan komponen Silabus yang mendasar, yaitu Identitas, Tema, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator, Tujuan, Materi, , Metode, Kegiatan Belajar, Alat/ Sumber dan Penilaian.
RPP merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/ atau lapangan untuk setiap Kompetensi Dasar. Dalam rangka mengimplementasikan program pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus, guru harus menyusun RPP. RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus yang disusun oleh satuan pendidikan.
Indikator RPP yang berkualitas merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi. Indikator digunakan untuk menyusun alat evaluasi, penilaian menggunakan acuan kriteria, semua indikator ditagih, sistem penilaian harus disesuaikan dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam proses pembelajaran.
Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, Sularno, S.Pd guru SDN 2 Sumberejo bertanya tentang RPP yang bagaimana yang bisa menampilkan produk. Ponco Handono, S.Pd., MM sebagai narasumber menjawab dengan gamblang contoh RPPnya. Dalam RPP aspek keterampilan misalnya anak dapat mempraktekkan sesuai yang tertera di RPP contohnya anak mencangkok, proses dari awal menyiapkan alat dan bahan sampai hasil akhir divideo kemudian hasil tersebut dikirimkan ke guru. (NR)