Gugus Jenderal Sudirman Wuryantoro Belajar  Google Classroom Bersama

Gugus Jenderal Sudirman, Kecamatan Wuryantoro kembali melaksanakan  agenda rutin Kelompok Kerja Guru (KKG) (Sabtu, 13/2/2021). Kegiatan yang dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB secara virtual berlangsung dengan baik meskipun banyak peserta yang masih mengalami kendala dengan sinyal internet. Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh Pemerintah Kabupaten Wonogiri kembali mengharuskan peserta KKG mengikuti kegiatan secara terpisah baik di rumah masing-masing maupun di sekolah.

Kegiatan Kelompok Kerja Guru Gugus Jenderal Sudirman, Kecamatan Wuryantoro kali ini mengulas materi tentang “Google Classroom”. Narasumber kegiatan ini adalah Juliana Ambarisma, S.Pd (Guru SDN 1 Gumiwang Lor), dipandu oleh moderator Hatmani Eka Primawati, S.Pd.SD (Guru SDN 3 Gumiwang Lor), dan host Tito Hardika Pamungkas, S.Pd.SD (Guru SDN 2 Gumiwang Lor).

Pandemi Covid-19 membuat pembelajaran harus dilaksanakan  secara jarak jauh. Pengelolaan ruang kelas dalam pembelajaran di sekolah cukup sulit dilaksanakan dengan baik dan berjalan kurang maksimal. Menyikapi kondisi tersebut, Gugus Jenderal Sudirman  mengulas materi ‘’Google Classroom” yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan pengelolaan kelas dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Google Classroom adalah layanan web gratis, yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah. Melalui Google Classroom, pengajar dapat membuat kelas, mendistribusikan tugas, memberi nilai, mengirim masukan, dan melihat semuanya di satu tempat tanpa harus bertatap muka secara langsung. Selain itu, manfaat yang lain dari  Google Classroom yaitu, proses setting pembuatan kelas yang cepat, nyaman, hemat dan efisian waktu, mampu meningkatkan kerjasama dan komunikasi, penyimpanan data yang terpusat serta dapat berbagi sumber daya yang efisien, praktis dan cepatembuat Google Classroom juga cukup mudah. Pertama, login atau masuk ke aplikasi Google Classroom yang telah di download atau buka halaman classroom.google.com. Pada bagian layar atas pada menu “classes page”, kemudian klik “add”, lalu klik “Create Class”. Pada layar tersebut akan menampilkan formulir yang isinya kelas, subjek kelas, sesi kelas dan ruangan. Langkah berikutnya, isi formulir tersebut, lalu klik “create” maka kelas berhasil kita buat.