Gugus Bima Selogiri Virtual Conference Pengembangan Model Pembelajaran

Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Bima Kecamatan Selogiri kembali mengadakan Kegiatan KKG Virtual melalui aplikasi Microsoft Teams dari domain @pdkwonogiri.id. Kegiatan ini merupakan bagian dari paket ketiga tentang Pengembangan Model Pembelajaran yang memasuki pada pertemuan ketiga (Sabtu, 15 Agustus 2020).

Kegiatan KKG Virtual Gugus Bima diikuti kurang lebih 45 participant yang berasal dari 10 sekolah, anata lain : SDN 1 Pule, SDN 3 Pule, SDN Karangtengah, SDN 1 Jaten, SDN 3 Jaten, SDN 1 Jendi, SDN 2 Jendi, SDN Bulu, SDN 1 Kepatihan, dan SDN 2 Kepatihan. Peserta tersebut terdiri dari Kepala Sekolah dan Guru/Tenaga Pendidik yang ada di Gugus Bima Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Selogiri.

Kegiatan Vicon dipandu oleh Host, Ibnu Sadono,A.Ma dan dibantu oleh Moderator, Triyanti,S.Pd.SD. Kegiatan KKG Virtual paket 3 ini dengan agenda presentasi dari guru-guru mengenai model pembelajaran sebagai tindak lanjut dari kegiatan KKG On Service yang dilaksanakan pada minggu sebelumnya. Kegiatan presentasi dipandu oleh moderator dan ditanggapi langsung oleh Ibu Dra. Praptiningsih, M.Pd. sebagai narasumber.

Presentasi pertama disampaikan oleh Rohyati, S.Pd.SD (SD Negeri 1 Jaten) yang memaparkan model pembelajaran daring  Discovery Learning menggunakan Microsoft Teams. Presentasi kedua disajikan oleh Naimah, S.Pd.SD (SD Negeri 1 Kepatihan) yang memaparkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Selanjutnya Sularmi, S.Pd.SD ( SD Negeri Bulu ) menyampaikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Presentasi terakhir disampaikan oleh Ibu Ari Septiyanti, S.Pd,M.Pd (SD N 3 Pule) penerapan model pembelajaran cooperative learning group investigation.

Setelah presentasi dari para guru tersebut, narasumber memberikan penguatan dan penjelasan tambahan pada materi yang belum dipahami peserta Vicon. Secara keseluruhan, participant dapat mengikuti setiap pemaparan materi dengan baik. KKG Virtual Gugus Bima berjalan dengan lancar dengan durasi pelaksanaan kurang lebih 2 jam.  Untuk ke depannya semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan guna meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran.