Grand Opening Kegiatan Kolektif Guru Selogiri Tahun 2021

Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS), Forum Kelompok Kerja Guru (FKKG), dan Tim Kreatif Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Selogiri bersinergi dalam pembukaan Kegiatan Kolektif Guru tahun 2021 secara daring menggunakan Microsoft Teams (Kamis, 11 Februari 2021). Peserta terdiri dari unsur KKKS, KKG Guru Kelas, KKG Guru Pendidikan Agama, serta KKG Guru Penjas/orkes di wilayah Koordinator Wilayah Kecamatan Bidik Selogiri. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Dr. Dra. Yuli Bangun Nursanti, M.Pd., Stefani Agung S.,S.Sos. (Kasi PTK SD), Maryanto, S.E. (Staf PTK), Dra. Praptiningsih, M.Pd. (Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Selogiri) dan semua Pengawas Korwil Kecamatan Bidik Selogiri.

Kegiatan dimulai pada pukul 08.30 WIB dengan moderator Ida Royani, S.Pd.I., M.Pd.I. Moderator mengawali kegiatan dengan menyapa para peserta yang masuk meeting room sekaligus menyampaikan tata tertib kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan susunan acara.

Acara diawali dengan ucapan selamat datang oleh Korwil Kecamatan Bidik Selogiri Dra. Praptiningsih, M.Pd. Dalam sambutannya Dra. Praptiningsih, M.Pd mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, sehingga kegiatan video conference KKKS dan KKG Kecamatan Selogiri dapat terlaksana dengan lancar, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Kecamatan Selogiri.

Acara berikutnya adalah laporan ketua panitia sekaligus Ketua KKKS Drs. Haryono, M.Pd. Dalam laporannya Drs. Haryono, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan KKKS dan KKG rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu selama 9 bulan dan sebanyak 16 pertemuan. Selanjutnya beliau memohon kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan berkenan untuk membuka dan memberi pembinaan dalam acara ini. Dilanjutkan pembacaan do’a oleh Ekhwan Nugroho, S.Pd.I.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri Dr. Dra. Yuli Bangun Nursanti, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan KKKS dan KKG perlu adanya sebuah pemahaman bahwa guru dituntut lebih profesional. Pemetaan mutu pendidikan diukur ditingkat satuan pendidikan, kabupaten, provinsi, sampai nasional melalui Asesmen Nasional meliputi tiga komponen yakni Asesmen Kompetensi Minimum (Literasi Numerasi dan Literasi Membaca), Karakter Anak Didik, dan Budaya Sekolah melalui penguasaan TIK.  Mengoptimalkan guru dalam penguasaan teknologi informasi. Setiap sekolah diharapkan untuk membuka Akun Sekolah agar  mutu pendididikan lebih meningkat.

Acara lain-lain diisi oleh Pengawas Utama SD, Drs. Suharno Prihutomo, M.Si. yang menyampaikan dengan berkelakar bahwa guru dan kepala sekolah harus belajar membaca regulasi. Peningkatan mutu pendidikan di jenjang Pendidikan Dasar dan peningkatan kompetensi guru menjadi komitmen pemerintah yang harus terwujud secara nyata melalui KKKS/KKG. Dalam mempersiapkan pembelajaran tatap muka, semua sarana prasarana untuk disiapkan sesuai dengan Protokol Kesehatan. Kepala Sekolah dan guru didampingi pengawas untuk merealisasi KI-1 dan KI-2 agar dipajang sehingga dapat dibaca oleh umum. Dra. Praptiningsih, M.Pd menambahkan bahwa E-KTSP menjadi tanggungjawab sekolah yang akan dilaksanakan Tahun 2021. Program E-Rapor akan segera disosialisasikan.

Di akhir sesi, peserta melakukan presensi dengan mengisi form melalui link yang telah dibagikan. Semoga kegiatan pembukaan KKKS/KKG Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Selogiri Tahun 2021 yang dikemas dalam bentuk video conference ini dapat memacu para guru mewujudkan Tuntutan Guru Profesional dan Guru Bermutu.