Google Classroom Bagian 2 Bersama KKG Jenderal Sudirman Wuryantoro

KKG Gugus Jenderal Sudirman Kecamatan Wuryantoro kembali mengadakan Kegiatan Kolektif Guru secara virtual pada Sabtu, 20 Februari 2021. Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tidak menyurutkan semangat dan antusias guru di lingkungan Gugus Jenderal Sudirman dalam mengikuti KKG Virtual baik dari unit kerja maupun rumah masing-masing. 

Pada kegiatan ini kembali dibahas tentang penggunaan Google Classroom melanjutkan dari pembahasan kegiatan pada pertemuan sebelumnya. Mey Tias Andry P sebagai narasumber, Fitria Candra W sebagai moderator, dan Juliana Ambarisma sebagai host. Kegiatan dimulai dari pukul 10.00 sampai dengan 11.30 WIB. 

 Google Classroom menjadi salah satu alternatif media atau platform yang dapat dengan mudah digunakan dalam kegiatan pembelajaran daring di masa belajar dari rumah. Dapat dipastikan hampir semua orang tua atau wali siswa mempunyai HP Android dan juga mempunyai akun Google. Selain itu juga terdapat aplikasi Google Classroom yang mudah untuk digunakan. Di dalam aplikasi Google Classroom terdapat dua fitur yang dapat dimanfaatkan, yaitu fitur untuk guru dan fitur untuk siswa.  

 Beberapa fungsi yang dapat dimanfaatkan pada fitur sebagai guru adalah sebagai berikut: 1) Guru dapat membuat kelas, memberikan tugas dan melakukan penilaian tanpa menggunakan kertas; 2) Guru dapat menambahkan materi dari Youtube, survei Google Form, dan dokumen lain yang ada di Google Drive, serta guru dapat melakukan sesi tanya jawab atau diskusi dengan siswa; 3) Semua kegiatan dapat dilakukan secara real time karena terhubung langsung dengan jaringan internet. Sehingga memudah semua pekerjaan dan kegiatan yang dilaksanakan oleh guru. Manfaat yang diperoleh siswa melalui fitur siswa pada Google Classroom adalah sebagai berikut: 1) Siswa dapat mengetahui secara langsung tugas yang diberikan oleh guru dari aplikasi dan dapat langsung mengirimkan tugas yang diminta oleh guru juga melalui aplikasi; 2) Siswa dalam melihat hasil penilaian dan feedback yang diberikan oleh guru; 3) siswa dapat melakukan interaksi dengan guru secara langsung melalui fitur chat yang ada dalam aplikasi Google Classroom.  

Begitu banyak fitur-fitur yang ada pada aplikasi Google Classroom yang dapat dimanfaatkan oleh guru dalam memudahkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di masa belajar dari rumah ini.  Aplikasi Google Classroom juga dapat dengan mudah diakses oleh siswa. Dengan pemanfaatan Google Classroom ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sehingga tujuan dari pembelajaran tetap dapat tercapai meskipun pembelajaran dilakukan dari rumah.