MGMP Matematika  Subrayon 05 Gelar KKG Tahun 2023

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMP Subrayon 05 Purwantoro mengadakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) pada Rabu, 22 Februari 2023 di ruang pertemuan SMP Negeri 2 Purwantoro. Kegiatan ini merupakan paket 2 KKG pertemuan ke-1 dengan tema Pembelajaran Berdiferensiasi.  Kegiatan ini diikuti oleh 21 Guru mata pelajaran Matematika SMP negeri dan swasta se-Subrayon 05 Purwantoro.  

Kegiatan ini di mulai pada pukul 08.30 WIB diawali dengan Sambutan Kepala SMP Negeri 2 Purwantoro, Winarno. Beliau menyampaikan bahwa MGMP sebagai forum pengembangan profesi guru diharapkan ada saling asah, asih dan asuh  serta dalam KKG dapat menggerakkan semua anggotanya sehingga dapat mempertahankan predikat sebagai MGMP yang cepat menyikapi perubahan dan juga kesepakatan. Sambutan kedua Ketua MGMP Subrayon 05 Purwantoro, Nyoto. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan jika pada saat ada beberapa guru yang tidak bisa hadir karena berbarengan dengan kegiatan di sekolah dan juga menyampaikan permohonan maaf ada beberapa guru yang hadir terlambat karena masing mengajar di sekolahnya masing-masing. Beliau juga menyampaikan jika kegiatan KKG paket 1 telah selesai yang dapat dibuktikan dengan progres Pringgodani. 

Selanjutnya pada sambutan ketiga dari Koordinator MGMP Matematika Subrayon 05 Purwantoro, Tri Iriyanto. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas kebersediaan Sudirman sebagai narasumber dan juga ucapan terima kasih kepada Winarno yang telah bersedia menjadi tuan rumah kegiatan KKG hari ini. Selain itu beliau juga menyampaikan agar pengurus MGMP mulai menyiapkan laporan e-KKG, terutama paket 1. 

Materi KKG Paket 2 Pertemuan 1 disampaikan Sudirman, Pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri dengan materi KKG Paket 2 dengan tema Pembelajaran Berdiferensisasi. Beliau mengawali dengan meminta peserta untuk mengingat masa sekolahnya dulu, dengan pertanyaan “Hal apa yang diingat tentang Guru Anda?”. Pembelajaran Berdiferensiasi dapat dilaksanakan dengan ALUR MERDEKA. Pembelajaran Berdiferensiasi dapat dilihat dari segi Proses, Konten dan juga Produk. Selain itu agar dapat melaksanakan Pembelajaran Berdiferensiasi perlu dilakukan Asesmen Diagnostik baik Asesmen Diagnostik Kognitif maupun asesmen Diagnostik Non Kognitif, yang hasilnya harus dianalisis dilakukan tindak lanjut agar pembelajaran yang akan dilaksanakan dapat benar-benar melayani kebutuhan murid. 

Kegiatan ini berakhir pukul 12.00 dan akan dilanjutkan dengan pertemuan kedua, Rabu, 1 Maret 2023 di SMP Negeri 1 Bulukerto.